Mohon tunggu...
PATRIA PRIAMBUDI
PATRIA PRIAMBUDI Mohon Tunggu... NIM : 55519120047

MAGISTER AKUNTANSI Universitas Mercu Buana Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

TB 2 Prof Dr Apollo "Audit Database dan Storage Audit"

17 Mei 2021   16:42 Diperbarui: 17 Mei 2021   18:20 105 7 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TB 2 Prof Dr Apollo "Audit Database dan Storage Audit"
Image caption

Jakarta,  17 Mei 2021

PENDAHULUAN

Dalam dunia pekerjaan baik di sektor swasta maupun sektor publik kita sering mendengar kata Audit. Pemikiran kita tentang "diaudit" sering kali menimbulkan rasa takut. Padahal jika kita pahami lebih dalam audit merupakan sebuah tindakan untuk menjaga keamanan pada seluruh bidang di sebuah perusahaan terkait aktivitas bisnisnya tidak terkecuali pada bidang teknologi.

Pada Bidang teknologi kita pasti sering mendengar istilah database dan storage (penyimpanan). Dimana yang dimaksud dengan database adalah merupakan kumpulan informasi atau data yang terstruktur dan terorganisasi  yang secara khusus digunakan untuk mencari  dan mengambil informasi atau data secara cepat oleh komputer. Sedangkan yang dimaksud dengan storage adalah perangkat penyimpanan yang digunakan untuk  penyimpanan  berbagai data digital yang di kelola dengan menggunakan sistem komputasi, dimana data tersebut bersifat sementara maupun permanen sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Database maupun Perangkat penyimpanan seperti flash drive dan hard disk merupakan komponen fundamental dari sebagian besar perangkat digital karena berfungsi sebagai media untuk menyimpan semua jenis informasi seperti video, dokumen, gambar, dan data mentah.

Mengingat begitu pentingnya fungsi dari pada database dan perangkat penyimpanan diperlukan adanya pelindungan atau proteksi terhadap keduanya. Perkembangan teknologi yang begitu masif saat ini sangat berdampak pada sistem keamanan database dan perangkat penyimpanan data pada sebuah perusahaan, tekanan dan kerentanan terhadap keamanan database dan perangkat penyimpanan harus selalu di waspadai oleh perusahaan. Untuk itu perlu adanya peningkatan keamanan dan pengawasan database dan perangkat penyimpanan oleh perusahaan, hal ini bertujuan agar data yang terdapat dalam database dan pada perangkat penyimpanan perusahaan dapat dijaga keamanannya dengan baik.

Salah satu cara untuk melindungi database dan Perangkat penyimpanan perusahaan adalah dengan melakukan audit database dan audit storage. Audit Database dan audit storage merupakan Proses pemantauan dan pengawasan terhadap akses dan modifikasi objek database dan perangkat penyimpanan yang dipilih sebagai  sumber daya dalam operasional database dan perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan catatan akses yang terperinci di mana catatan tersebut dapat digunakan sebagai alat analisis perusahaan dalam mengambil tindakan atau kebijakan sesuai kebutuhan.

Pada akhirnya Audit Database dan audit storage secara garis besar memiliki kesamaan tujuan yaitu menjaga keamanan data perusahaan, dengan adanya audit yang dilakukan oleh pihak manajemen diharapkan data perusahaan terhindar dari pencurian dan kebocoran data yang dilakukan oleh pihak tertentu.

 

PEMBAHASAN

DATA BASE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
VIDEO PILIHAN