Mohon tunggu...
patra manggala
patra manggala Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

peminatan kepada pemasaran

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Digital Marketing di Era Milenial

7 Desember 2021   06:30 Diperbarui: 7 Desember 2021   06:32 280 38 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pemasaran digital, seperti sektor pemasaran lainnya, pemasaran digital selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi baru. Sebagai seorang pelaku pasar dinilai perlu mengikuti perubahan untuk mempertahankan kontak dengan konsumen, tetapi juga penting untuk memahami sejarah lapangan dan melakukan pendekatan serta strategi modern dengan benar.

Mari kita akan bahas tentang evolusi pemasaran digital, proyeksi masa depan, dan pelajaran yang perlu diingat di masa depan.

Keadaan Pemasaran Digital Saat Ini

Proses mempromosikan produk dan layanan melalui internet disebut sebagai pemasaran digital. Tujuannya, seperti halnya pemasaran tradisional, adalah untuk meningkatkan pengetahuan publik tentang merek dan produk Anda.

Sebelum pengenalan praktik pemasaran digital, bisnis bergantung sepenuhnya pada teknik offline. Billboard, iklan TV dan radio, surat kabar, surat langsung, panggilan telepon, kartu pos, katalog, brosur, dan produk cetak lainnya termasuk di antaranya.

Beberapa dari metode pemasaran konvensional ini masih efektif hingga saat ini, bahkan dengan begitu banyak organisasi yang berusaha menjangkau pelanggan sebanyak mungkin. Misalnya, pelanggan merek yang lebih tua mungkin memilih untuk membaca koran asli daripada rekan-rekan digital mereka. Iklan radio juga tidak punah.

Namun, salah satu perbedaan paling signifikan antara keduanya adalah cakupan jangkauannya. Iklan di radio atau di surat kabar mungkin berguna untuk menjangkau konsumen lokal. Taktik digital, di sisi lain, adalah taruhan terbesar Anda jika Anda ingin menjual secara global. Mereka juga mungkin lebih murah daripada rekan-rekan konvensional mereka.

Tweet, video, podcast, email, konten blog, iklan Pay-Per-Click (PPC), dan lainnya adalah contoh pemasaran digital. Untuk memberi Anda gambaran tentang seberapa besar pemasaran digital, ada lebih dari 3,5 miliar orang di media sosial, atau hampir 45 persen dari populasi dunia!

Apalagi pemasaran ke generasi muda semakin rumit. Mungkin diperlukan banyak persuasi untuk membujuk mereka agar berkomitmen dan membeli. Jangka panjang, inisiatif pemasaran digital Anda dapat membantu Anda menjangkau mereka dan menjual kepada mereka. Secara keseluruhan, saluran digital menawarkan cara yang jauh lebih efektif untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens Anda.

Evolusi pemasaran digital

Setelah membahas keadaan pemasaran digital saat ini, mari kita lihat bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu, menggunakan contoh dari beberapa tonggak terpentingnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan