Mohon tunggu...
SRI PATMI
SRI PATMI Mohon Tunggu... Lainnya - Dari Bumi ke Langit

Membumikan Aksara Dari Bahasa Jiwa. Takkan disebut hidup, jika tak pernah menghidupi.

Selanjutnya

Tutup

New World Pilihan

New World: Masuki Dunia Baru NFT, Crypto, dan Metaverse di Kompasiana

11 Juni 2022   19:12 Diperbarui: 11 Juni 2022   19:24 383 33 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber:tangkapan layar pribadi www.kompasiana.com

Era digitalisasi media telah mendorong Kompas Gramedia untuk meningkatkan value melalui fitur New World yang berisi tentang konten ulasan tentang teknologi metaverse, blockchain, dan ruang digital yang futuristik. Maksud dari NFT Kompas Gramedia adalah Narasi Fakta Terkurasi. Dimana peristiwa penting harian kompas dapat dikoleksi oleh publik dan memiliki economic value bagi si pemilik. Jika zaman dulu, kita semua mengenal kliping, hal ini tak jauh beda dengan NFT yang dimaksud, hanya saja bentuknya sekarang lebih bersifat digital dan mengikuti perkembangan zaman.

Ditengah kondisi bear market (kelesuan/tren penurunan harga saham), NFT Kompasiana hadir untuk mewadahi intelektual manusia tentang literasi digital dan perkembangan pasar modal. Disisi lain, signifikansi momentum memiliki identitasnya sendiri-sendiri. Misalnya tahun 1998, secara umum dikenal dengan istilah tahunnya reformasi, tahun 2019 pandemic COVID-19. Arsip-arsip ini akan memiliki value sesuai dengan scarcity (kelangkaan) dan collectability secara digital.

Lazim terdengar ada seorang seniman yang menjual karya seninya dengan harga yang fantastis. Di Bulan Maret 2021, gambar mozaik digital karya Mike Winkelmann dengan judul "Everydays-The First 5000 Days" dibandrol dengan harga jual US$ 69 juta dan lukisan Monalisa karya Leonardo Davinci dengan harga US$ 700 juta. Lalu bagaimana dengan konsep NFT pada produk digital Kompas Grup yang mengusung momentum penting, scarcity dan collectability?

Berangkat dari istilah "When a dog bites a man, that is not news, because it happens so often. But if a man bites a dog, that is news". (Man Bites Dog) Alfred Harmsworth (1865--1922) dan John B. Bogart (1848--1921). Ada 9 nilai berita atau news values yang bisa dijadikan parameter kelayakan suatu berita yaitu :

1. Magnitude

Berita yang ditampilkan memiliki pengaruh suatu peristiwa terhadap masyarakat seperti kenaikan harga BBM, reformasi tahun 1998.

2. Significance

Berita mengandung nilai penting untuk khalayak umum seperti pandemic COVID-19, sosialisasi vaksinasi

3. Timeliness

Nilai yang terkandung dalam berita menunjukkan aktualitas sesuai dengan runutan kejadian kebaruan. Misalnya mulai dari pemilu hingga hasil quickcount

4. Proximity

Berita akan lekat dengan pembaca apabila memiliki nilai kedekatan secara geografis, psikologis, dan ideologis. Misalnya terjadi kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang. Berita ini akan lekat pada warga Tangerang.

5. Prominence

Nilai berita dengan menekankan pada peristiwa yang melibatkan public figure, semakin terkenal semakin bernilai beritanya. Tentunya berita jenis ini sangat membutuhkan peranan media darling.

6. Impact

Berita yang disampaikan memiliki dampak yang besar dan jangka panjang seperti terorisme dan bencana alam.

7. Conflict

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten New World Selengkapnya
Lihat New World Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan