Mohon tunggu...
SRI PATMI
SRI PATMI Mohon Tunggu... Ilmuwan - Dari Bumi ke Langit

Membumikan Aksara Dari Bahasa Jiwa. Takkan disebut hidup, jika tak pernah menghidupi.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Dulu Rajin Sekarang Malas, Hati-Hati Burnout Syndrome!

21 November 2021   17:16 Diperbarui: 22 November 2021   23:49 1676 43 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Gambar : tagar.id

Kamu pernah enggak sih ngerasain malas untuk melakukan aktivitas apa saja? Mau berangkat kerja malas, belajar malas, melakukan apapun malas? Pernah merasakan kelelahan luar biasa, tetapi ketika istirahat malah tidak hilang rasa lelah itu? 

Bisa jadi Anda sedang mengalami burnout syndrome. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, selain mengganggu produktivitas, burnout syndrome juga menyebabkan terganggunya kesehatan mental.  

Pada dasarnya burn out adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan stress yang dipicu oleh aktivitas sehari-hari, contoh karena pekerjaan, kuliah, sekolah, beban rumah tangga. 

Munculnya burn out bisa dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu jarang mendapat apresiasi dari sekitar, beban kerja terlalu berat, aktivitas yang monoton. Kondisi tekanan dan kelelahan emosional yang bermanifestasi dalam bentuk kelelahan fisik. Ciri-Ciri Burn out berikut ini :

1. Kurang Bersemangat Menjalani Aktivitas 

Karena sudah kurang memiliki semangat, akhirnya aktivitas terasa menguras energi dan membuatmu gampang lelah. Jangankan setelah menjalani aktivitas, membayangkannya saja Anda akan merasa kehilangan motivasi

2. Kurang Menyenangi Aktivitas Bahkan Membenci 

Dalam melakukan aktivitas ini, Anda sudah merasakan berat dan terbebani. Bahkan Anda sudah membencinya sebelum memulai. Akhirnya menjalani segala sesuatu hanya karena tuntutan dan keterpaksaan saja. Jika dulu, aktivitas tersebut adalah bagian dari rutinitas yang menyenangkan, sekarang malah menyeramkan. 

3. Performa Aktivitas Menurun 

Jika dulu, dalam 1 hari bisa menyelesaikan puluhan bahkan ratusan permasalahan secara sigap dengan keputusan yang tepat. Saat ini hanya dapat melakukan 1 atau dua pekerjaan saja, itupun sudah alakadarnya yang penting selesai. Supaya terlihat ada kegiatan yang dilakukan dalam keseharian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan