Mohon tunggu...
Piter Lokon
Piter Lokon Mohon Tunggu... Berita dan Blog

Berbicara Untuk Memberi Informasi Ke Publik Sesuai Fakta dan Opini, Bersuara Karena Masalah, Hidup Untuk Menegahkan Kebenaran dan Keadilan.

Selanjutnya

Tutup

Politik

153 Panwas Distrik untuk Pemilihan Bupati Telah Dilantik

9 Januari 2020   17:33 Diperbarui: 9 Januari 2020   18:25 21 0 0 Mohon Tunggu...
153 Panwas Distrik untuk Pemilihan Bupati Telah Dilantik
Pelantikan 153 Panwas distrik dari 51 distrik Kabupaten Yahukimo Papua-PL

Jayapuar, PL- Sebanyak 153 orang Panitia Pengawas Distrik (Panwasdis) untuk Pilkada pada tahun 2020 di kabupaten Yahukimo telah dilantik oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Yahukimo, pada Senin (24/12/2019) di aula OKMC, Dekai, Yakimo, Papua. Dan dapat disaksikan langsung oleh Bawaslu provinsi Papua, Metusala Infandi.

Diselah-selah acara pelantikan Panwasdis 51 distrik di kabupaten Yahukimo itu, Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Metusala Infandi  mengatakan Pelantikan Panwas distrik ini dilaksanakan sesuai dengan amanat undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Dan Kemudian kita lakukan sesuai dengan yuknis dan surat edaran dari bawaslu RI terkait perekrutan dan pembentukan Panwas distrik.

"Untuk provinsi Papua ada 11 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada pada tahun 2020 dan termasuk kabupaten Yahukimo," kata Ketua Bawaslu Provinsi Papua.

Ia menuturkan, Yahukimo 51 distrik dan distrik paling terbanyak dari 11 kabupaten yang akan melaksankan pilkada dan 29 kabupaten kota di Provinsi Papua. Yahukimo termasuk pelantikan ke 4 setelah panwas distrik kabupaten Keerom dilantik.

"Kita bersyukur karena dalam proses pembentukan hingga pelantikan semua berjalan sesuai tahapan dan tidak ada kendala, serta berjalan sesuai yuknis dari bawaslu RI terkait pembentukan panwas distrik, sehingga kami dari panwaslu provinsi Papua sangat mengapresiasi usaha dan kerja keras Bawaslu kabupaten Yahukimo untuk merekrut dan juga menyeleksi, walaupun banyak distrik dan luasnya wilayah serta minimnya anggaran,"ungkap ketua

Ia mengharapkan kepada Panwas distrik yang sudah diseleksi 3 besar dari 51 distrik agar bisa bekerja dengan Integritas dan Profesionalitas.

"Kita tahu bahwa kabupaten Yahukimo pertama yang menggunakan sistem Noken. Sejarah sistem noken bermula dari Yahukimo sehingga kita berharap pemilihan tahun 220 kabupaten Yahukimo tetap sistem noken dan kita pastikan dalam pemilihan tidak ada konflik ataupun kecurangan, sehingga kita titip beratkan kepada panwas distrik untuk memastikan bahwa proses kesepakatan atau suara-suara rakyat atau masyarakat ditingkat kampung dan juga TPS bisa ter-administrasi dengan baik. [Karena] Masyarakat yang mereka memilih, menentukan dan sepakat pemimpinnya itu mengawal oleh panwas dan petugas KPPS dari TPS, Distrik dan tingkat Kabupaten dengan baik," harap Ketua

Sementara itu ketua Bawaslu kabupaten Yahukimo, Sepius Mirin mengatakan proses yang dilaksanakan untuk menerima sebagai anggota Panwas 51 distrik untuk pemilihan bupati kabupaten Yahukimo adalah beberapa tahapan yang dilalui yakni dari pendaftaran, Seleksi administrasi, seleksi tes tertulis, seleksi tes wawancara hingga proses pelantikan 153 orang Panwas distrik.

"Dari 700 orang didaftar dari 51 distrik kabupaten Yahukimo namun melalui tahapan demi tahapan yang diseleksi maka yang dinyatakan secara resmi dilantik adalah 153 orang anggota Panwas distrik. Mereka adalah yang terbaik dari 700 orang yang mendaftar, dan dapat disaksikan oleh Bawaslu kabupaten Yahukimo" kata Mirin.

Kami Bawaslu kabupaten Yahukimo mengharapkan kepada 153 Panwas distrik yang kami lantik ini agar berkerja secara jujur, adil. Kita tidak memihak kepada siapapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x