Mohon tunggu...
Pascal Rivandi
Pascal Rivandi Mohon Tunggu... Blog Pribadi

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Upaya Mitigasi Covid-19 Desa Keputran, Kabupaten Klaten bersama UNS lewat Program KKN Era Covid-19

6 Juli 2020   12:12 Diperbarui: 6 Juli 2020   12:17 41 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Mitigasi Covid-19 Desa Keputran, Kabupaten Klaten bersama UNS lewat Program KKN Era Covid-19
Edukasi Menuju Normal Baru | dokpri

KKN Covid-19 yang diselenggarakan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, merupakan wujud nyata upaya UNS sebagai lembaga pendidikan dan mahasiswa serta unsur terkait dalam mendukung pemerintah dalam menghadapi Covid-19. Adanya pelibatan mahasiswa dalam masyarakat diharapkan memberikan dukungan dan peran dari sudut pandang akademik melalui dukungan penyediaan data dan infromasi dalam upaya Mitigasi Covid-19. 

Program KKN Era Covid-19 di Desa Keputran melibatkan mahasiswa Pascal Rivandi dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota beserta Dosen Pembimbing Lapangan Dr.Ir. Jaka Suyana, M.Si., diharapakan mampu berkontribusi sesuai dengan bidang keilmuan dalam upaya Mitigasi Covid-19 melalui Penyediaan Sistem Informasi.

Lokasi KKN Covid-19 dalam program ini adalah di RT.13 / RW.08 Dusun Papringan, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Kabupaten Klaten merupakan salah satu kabupaten yang rentan, dimana memiliki lokasi strategis berada di antara 2 kota besar yaitu Yogyakarta dan Surakarta yang sempat memiliki riwayat Zona Merah Covid-19. Kegiatan KKN Covid-19 di Desa Keputran sudah dimulai sejak 19 Mei 2020 sampai dengan 30 Juni 2020 dengan mengusung tema Penyediaan Sistem Informasi dan Edukasi bagi Masyarakat dalam upaya Mitgasi Covid-19. 

Program utama di Desa Keputran adalah Pemetaan Risiko Covid-19. Pemetaan Risiko Covid-19 merupakan bagian dari Manajemen Risiko Bencana. Pemetaan diawali dengan pengumpulan data spasial dan aspasial kemudian data diolah dalam aplikasi pemetaan ArcGIS dengan output berupa Peta Risiko yang terdiri dari Peta Kerentanan, Peta Kerawanan dan Peta Kapasitas. Program kedua merupakan Program "Edukasi Masyarakat" sebagai salah satu upaya dalam mitigasi Covid-19. 

Edukasi Masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode informasi cetak yang kemudian digunakan sebagai instrumen dalam mengedukasi masyarakat. Edukasi Masyarakat terdiri dari 3 materi yaitu Edukasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Edukasi Risiko Covid, dan Edukasi Pentingnya Physical Distancing. Selain itu juga terdapat Program Edukasi Menuju Normal Baru atau Tatanan Baru sebagai salah satu kebijakan Pemerintah Indonesia dalam merespon Pandemi Covid-19, dimana bentuk edukasi dan pemahaman harus dilakukan secara mandiri oleh masyarakat. Kehadiran KKN Covid-19 disini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memahami tujuan dan protokol Normal Baru.

KKN Covid-19 di RT.13/RW.08 Dusun Papringan, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten telah selesai dilaksanakan dengan pencapaian peningkatan kapasitas masyarakat dan kapasitas Pemerintah Desa dalam mitigasi Covid-19. Hingga saat ini per tanggal 5 Juli 2020 dapat dipantau dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Klaten, dimana di Kecamatan Kemalang tidak ada masyarakat yang terpapar Covid-19. Mitigasi dan kolaborasi Pemerintah Desa dan Masyarakat menjadi kunci dalam melawan Covid-19 di Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Peta Risiko Covid-19 | dokpri
Peta Risiko Covid-19 | dokpri
Edukasi PHBS | dokpri
Edukasi PHBS | dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x