Mohon tunggu...
Pascalis ChandraWidjaja
Pascalis ChandraWidjaja Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Saya senang mencari dan membaca informasi seputar dunia kesehatan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Teknologi Berkembang, Apa Kabar Dunia Kesehatan?

25 September 2022   13:00 Diperbarui: 25 September 2022   13:02 150 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa sehat adalah keadaan sempurna secara fisik, mental, serta sosial, dan tidak terbatas hanya dari penyakit maupun cacat bawaan. Selain itu, Kemenkes Indonesia mendeskripsikan sehat sebagai sebuah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial sehingga manusia dapat hidup dengan produktif secara sosial dan ekonomis. 

Kesehatan jiwa raga dapat diibaratkan sebagai tumbuhan. Jika tumbuhan kita tanam dengan baik, kita rawat, dan kita beri pupuk, maka tumbuhan tersebut akan tumbuh berkembang dengan baik hingga berbuah. Namun, jika tumbuhan tidak dirawat dengan baik, maka semakin cepat juga tumbuhan itu mati. 

Sama halnya dengan kita, tumbuhan dapat dianalogikan sebagai diri kita sendiri sedangkan cara kita merawat tumbuhan adalah cara kita menjaga kesehatan. Jika kita malas menjaga kesehatan, maka kondisi tubuh kita juga akan semakin memburuk.

Dalam upaya manusia untuk terus sehat, maka dibutuhkan juga perkembangan dalam dunia kesehatan guna menyesuaikan dengan keadaan dunia. Perkembangan ini terutama terjadi dikarenakan adanya penelitian yang dilakukan untuk menyelesaikan kasus-kasus tertentu.

HIV/AIDS

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang mematikan. Ketika terinfeksi, maka seseroang hanya dapat menunggu dan mencoba berbagai pengobatan sampai akhirnya merenggut nyawa pasien tersebut. Penelitian terus dilakukan agar dapat mengobati penyakit ini hingga pada akhirnya ditemukan sebuah terobosan obat yang dapat mengurangi jumlah pasien HIV dan mengurangi biaya perawatan secara drastis.

Penyakit Jantung

Sebelumnya, para dokter tidak dapat banyak membantu pasien penyakit jantung. Pasien hanya dapat diberikan morfin dan lidokain yang dapat mencegah detak jantung tidak teratur. Sebagain besar pasien tidak dapat sembuh. Namun penelitian menunjukkan bahwa kematian akibat penyakit ini menurun hingga 50% akibat munculnya obat-obatan baru

Terapi Kanker

Kemoterapi dan terapi radiasi menjadi terapi utama untuk mengobati pasiten kanker. Walaupun terapi ini sering berhasil, namun dampak negatif yang ditimbulkan dapat mendatangkan masalah kesehatan baru terhadap pasien. Selama dekade terakhir, teknik baru pengobatan kanker pun muncul dan dapat terbilang lebih efektif. Terapi ini menargetkan sel kanker dan dapat menghilangkan banyak efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Apa yang Dapat Kita Lakukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan