Mohon tunggu...
Pascal Gamaliel Tarigan
Pascal Gamaliel Tarigan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Pasar Persaingan Monopolistik dan Oligopoli

30 November 2022   21:29 Diperbarui: 16 Desember 2022   21:32 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Banyak orang bertanya apa itu pasar persaingan monopolistik dan oligopoli, kenapa perusahaan lain sulit memasuki pasar? Apa alasannya!, Apakah pasar oligopoli bisa menjadi pasar monopoli?, Bagaimana oligopoli berbeda dari persaingan monopolistik?, dan apa kelebihan dan kekurangan pasar tersebut. Yuk! Kita cari tahu aja langsung tentang pasar tersebut.

Pasar Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik merupakan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar ini merupakan pasar yang berada di tengah dua bentuk pasar yang ekstrim yaitu persaingan sempuna dan monopoli, Sehingga beberapa ciri-cirinya bersifat monopolistik sementara yang lain mirip seperti pasar yang sepenuhnya kompetitif. Pasar persaingan monopolistik adalah pasar dimana banyak jenis barang yang berbeda diproduksi oleh banyak produsen yang berbeda (different products).

Namun, jika dilihat dari sturuktur pasar monopolistik, pasar ini lebih mendekati pada pasar persaingan sempurna, tetapi perusahaan akan lebih berpartisipasi di pasar ini guna menghasilkan suatu produk yang berbeda dan memiliki karateristik tersendiri.

Adanya perbedaan diferensi produk akan mencerminkan perbedaan yang sebenarnya di antara produk-produk yang akan di komsumsi sehingga memberikan kebebasan kepada konsumen dalam mencari produk yang akan dibeli, pada umumnya konsumen tidak mudah pindah pada produk lain walaupun banyak sekali produk baru yang tersedia.

Sebagai contoh, perbedaan produk bisa dilihat dari bentuk fisiknya seperti adanya perbedaan fungsi, bentuk, ataupun kualitas produk. Perbedaan ini juga bisa dilihat dalam kaitannya dengan suatu merk, logo, dan kemasan. 

Didalam pasar Monopolistik, harga tidak menjadi faktor utama dalam penentu angka penjualan, namun bagaimana persepsi konsumen terhadap produk yang akan dibeli. Dalam hal ini, perusahaan yang ada di pasar monopolistik harus selalu aktif dalam melakukan promosi terhadap produk untuk menjaga citra perusahaannya.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik

  • Terdapat banyak produsen atau penjual didalamnya
  • Produksi barang lebih bersifat berbeda corak
  • Perusahaan memiliki sedikit kekuasaan dalam mempengaruhi harga
  • Pemasukan industri lebih mudah diperoleh
  • Sangat aktifnya persaingan promosi penjualan
  • Adanya diferensiasi produk.

Kelebihan Pasar Monopolistik

  • Banyaknya jumlah produsen di pasar akan memberikan keuntungan untuk konsumen dalam memilih produk yang terbaik menurutnya.
  • Produsen bisa masuk dan keluar pasar dengan sangat mudah untuk terus mendorong produsen dalam berinovasi membuat produk yang berkualitas.
  • Konsumen semakin menjadi lebih selektif saat membeli produk sesuai yang dicari.
  • Pasar ini relatif sangat mudah dijumpai oleh konsumen.

Kekurangan Pasar Monopolistik

  • Persaingan yang sangat ketat, baik pada segi harga, kualitas, maupun pelayanannya. Produsen yang memiliki modal sedikit dan pengalaman yang kurang akan cepat berpindah pada pasar ini.
  • Diperlukan modal yang sangat besar untuk bisa masuk ke dalam pasar ini karena pemain pasar didalamnya memiliki skala ekonomis yang sangat tinggi.
  • Pasar ini akan mendorong berbagai produsen untuk selalu melakukan inovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh setiap konsumen.

Pasar Oligopoli

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun