Mohon tunggu...
Parwoto parwoto
Parwoto parwoto Mohon Tunggu... Dosen D3 Akuntansi UMY

Dosen Tetap D3 Akuntansi UMY

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tim KKN-PPM UMY Sukses Branding dan Pasarkan Online Produk KWT Arimbi dan UMKM Dusun Plumbungan Bantul

4 Mei 2021   23:00 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:01 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tim KKN-PPM UMY Sukses Branding dan Pasarkan Online Produk KWT Arimbi dan UMKM Dusun Plumbungan Bantul
dokumentasi pribadi

Dusun Plumbungan Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY dikenal sebagai Kampung anggur, hal itu karena hampir 80% warganya menanam anggur di pelataran rumahnya. Bahkan, di kanan-kiri disepanjang jalan di dusun Plumbungan ditanami pohon anggur, hal ini semakin melekatkan dusun ini sebagai dusun anggur. KWT Arimbi dibawah kepemimpinan Ibu Kustilah bersama UMKM dilingkungannya memprakarsai pengembangan produk berbahan dasar dari daun dan buah anggur sebagai diversifikasi produk sampingan selain buah anggur. Produk yang berhasil dikembangkan antara lain kripik daun anggur, dawet buah anggur  dan batik ecoprint dengan corak daun dan buah anggur. "Kripik daun anggur dan dawet anggur yang memiliki kekhasan citarasa dan serta batik eco print yang khas dan berkualitas tersebut masih diproduksi dan dipasarkan secara konvensional" terang Ibu Kustilah saat ditemui di rumahnya, Minggu (2/5). 

Dimasa pandemi covid-19, tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN-PPM UMY) berupaya memberikan penguatan kepada anggota KWT Arimbi dan UMKM Dusun Plumbungan dalam branding dan promosi produk secara online. Kegiatan KKN PPM  ini dilaksanakan selama bulan Januari-April 2021. " Kegiatan KKN PPM ini merupakan program kolaburatif antara mahasiswa dengan dosen" Jelas Parwoto selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang merupakan Dosen D3 Akuntansi Program Vokasi UMY. Kelompok KKN yang terlibat dalam kegiatan ini adalah kelompok KKN IT 086 yang terdiri dari 8 orang mahasiswa lintas program studi (prodi) di UMY. "Kedelapan orang mahasiswa tersebut adalah Ghifari Daris Al Raffi dari Prodi Akuntansi, Kiki Safitri Prodi Akuntansi, Jasmine Armantyas Safannah.B dari Prodi Ilmu Hubungan Internasional,  Novendra Bagus Sugiharto Prodi Agrobisnis, Muhammad Naufal Makarim  Prodi Ekonomi & Perbankan Islam, Muhammad Yafi Zhafran Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Sabrina Tabriz Mokobambang Prodi Manajemen, Nia Fifiarini Prodi Ilmu Hukum" tembah Parwoto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Komite Skema LSP UMY, diruang kerjanya (3/5).

"Kegiatan yang berhasil dilaksanakan dalam program KKN PPM ini yaitu 1) branding dan labelling kemasan dawet anggur, kripik daung anggur, batik ecoprint, dan bibit anggur, 2) Branding melalui video profil produk dan KWT Arimbi dan UMKM dusun Plumbungan, 3) Pembuatan akun media sosial dan e-commerce (marketplace), 4) pelatihan dan pendampingan teknis pengelolaan akun media sosial dan e-commerce (marketplace), dan 5) bantuan stimulan peralatan produksi" jelas Ghifari Ketua kelompok KKN IT 086. 

"Kami atasnama seluruh anggota KWT Arimbi dan UMKM dusun Plumbungan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada  seluruh tim KKN PPM, KKN IT 086, Dosen Pembimbing dan LP3M UMY atas pelatihan dan pendampingan yang dilakukan serta bantuan yang diberikan, semoga keseluruhan program yang terlaksana dapat meningkatkan penjualan dan daya saing produk kami" ucap Ibu Kustilah saat penutupan acara pendampingan. 

VIDEO PILIHAN