Mohon tunggu...
Parwis L. Palembani
Parwis L. Palembani Mohon Tunggu...

Consultan & Speaker Islamic Law, Finance, & Syari'ah Economic, Kajian Tadabbur Al-Quran dan Pembina BKI CTC Jasa-Marga, Space Salam UI, HIMPAS UNJ, SKI FE Trisakti, BEM UMJ, Poltekkes, Rohis Universitas Veteran.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Refleksi Valentine Day

14 Februari 2016   08:22 Diperbarui: 14 Februari 2016   08:59 25 0 0 Mohon Tunggu...

#morning_tea ☕☕☕

Refleksi Valentine Day
___________

Bagi mereka yang berfikir dangkal, mengapa Islam sepertinya terlihat eklusif dan kaku menerima budaya luar, khususnya perayaan tahun baru, Imlek, Natalan, khususnya Valentine day. Sebenarnya bukan kaku atau eklusive, tapi agama ini menuntut pemeluknya total dalam memeluk agamanya, beragama yang totaliter, menerima Islam dengan sepenuh hatinya dan menyeluruh (kaaffah), bukan setengah-setengah dan berat hati meninggalkan budaya lama atau luar Islam yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Mengapa dilarang..? Karena Islam punya identitas tersendiri yaitu Islam itu sendiri

فَقُولُوا۟ ٱشْهَدُوا۟ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ ﴿٦٤﴾

" Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)'" (QS. Ali Imron: 64)

Sabda Rasul berikut ini sering jadi dalil utama, memang beliau seakan mengharapkan ummat Islam bangga dengan identitas Islam itu sendiri.

Rasulullahshallallaahu alaihi wa sallam bersabda,

 لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا لَا تَشَبَّهُوا بِالْيَهُودِ وَلَا بِالنَّصَارَى فَإِنَّ تَسْلِيمَ الْيَهُودِ الْإِشَارَةُ بِالْأَصَابِعِ وَتَسْلِيمَ النَّصَارَى الْإِشَارَةُ بِالْأَكُفِّ

“Bukan termasuk golongan kami siapa yang menyerupai kaum selain kami. Janganlah kalian menyerupai Yahudi, juga Nashrani, karena sungguh mereka kaum Yahudi memberi salam dengan isyarat jari jemari, dan kaum Nasrani memberi salam dengan isyarat telapak tangannya” (HR Tirmidzi, hasan)

Karenanya Islam selalu menghiasi pemberitaan sikap ummatnya yang selalu responsif ketika ada kemunkaran, ini wajar karena Islam adalah penegak dan agen perubahan jika ada kemunkaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x