Mohon tunggu...
Paryono Yono
Paryono Yono Mohon Tunggu... Guru - Menulis untuk berbagi

Blog pribadi https://dolentera.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Tips Agar Anak Anda Terhindar dari Resiko Diabetes

9 Februari 2023   21:55 Diperbarui: 9 Februari 2023   22:02 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berdasarkan sumber dari laman direktorat pencegahan dan pengendalian penyakit menulir Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2PTM) ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes pada anak

Penyakit diabetes tipe 1 yang terjadi pada anak dapat disebabkan oleh interaksi dari banyak faktor antara lain, kecenderungan genetik, faktor lingkungan, sistem imun, dan sel pankreas yang perannya masing-masing terhadap proses diabetes melitus tipe 1 belum diketahui. 

Sedangkan diabetes tipe 2 sangat erat kaitannya dengan gaya hidup. Gaya hidup tidak sehat dapat dilihat pada beberapa hal diantaranya berat badan anak yang berlebih, obesitas, kurang aktivitas fisik, hipertensi, dislipidemia, dan diet tidak sehat atau tidak seimbang, serta mengkonsumsi merokok. 

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan bahwa pada anak usia 5 - 12 tahun yang memiliki berat badan yang bermasalah memiliki resiko yang tinggi. Terdapat 18,8% anak usia 5 - 12 tahun menunjukkan  angka kejadian faktor risiko diabetes tipe-2 dan sebesar 10,8% menderita obesitas.

Diabetes adalah kondisi dimana terjadi peningkatan kadar gula dalam darah (hiperglikemia). Hal ini dapat terjadi Bila terjadi kelainan pada insulin, misalnya produksinya tidak memadai atau tidak berfungsi dengan baik. Insulin adalah hormon yang membantu mengatur kadar gula dalam darah dan ini dapat terjadi pada anak.

Diabetes dapat terjadi karena sel-sel tubuh tidak merespons dengan baik terhadap insulin. Jika sel tubuh tidak merespon insulin secara tepat maka akan terjadi resistensi insulin. Ini menyebabkan insulin tidak dapat bekerja dengan baik dalam mengatur kadar gula dalam darah sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

Tingginya resiko diabetes pada anak tentunya cukup mengkawatirkan orang tua yang masih memiliki balita dan anak kecil. Orang tua perlu melakukan pencegahan agar anaknya terhindar dari resiko diabet baik tipe 1 maupun tipe 2. Tips berikut dapat menambah referensi orang tua agar anak terhindar dari resiko penyakit diabetes.

1. Jauhkan Anak Dari Gadged

Anak yang lekat dekat dengan gadged memiliki kecenderung mager alias malas gerak. Malas gerak ini yang mengakibatkan kurangnya aktivitas fisik yang dibutuhkan tubuh. Kurangnya olah raga dapat menurunkan sensivitas insulin, sehingga memperburuk kontrol gula dalam darah yang dapat memperkuat risiko diabetes. 

Anak yang kurang dalam melakukan gerakan fisik menyebabkan gula tidak terserap tubuh secara sempurna yang menjadikan kadar gula dalam darah meningkat, menumpuknya kadar gula dalam darah ini meningkatkan resiko diabetes. Untuk itu tips pertama yang dilakukan orang tua agar anak terhindar dari penyakit diabetes adalah dengan menjauhkan pada gadged yang membuat mager.

2. Ajak Anak Aktivitas Fisik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun