Mohon tunggu...
Akbar Fauzan P P
Akbar Fauzan P P Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI yang sedang KKN TEMATIK 2021

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pentingnya Menjelaskan Covid-19 Kepada Siswa SDN Cilampeni 1

29 Juli 2021   19:11 Diperbarui: 6 Agustus 2021   19:25 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pentingnya Menjelaskan Covid-19 Kepada Siswa SDN Cilampeni 1
ilustrasi pribadi

Saat ini covid-19 di Indonesia semakin meningkat, bahkan sudah banyak yang menjadi korban covid-19 ini hingga meninggal. Awal mula virus ini menyebar di wilaha Indonesia dari bulan Maret 2020. Berbagai cara dan upaya pemerintah telah dilakukan agar mengurangi korban yang terkena virus ini. Mulai dari lockdown (melarang warga untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat), PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), sampai dengan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang saat ini sedang berjalan di pulau Jawa, Bali, dan Jabodetabek. Hal ini menyebabkan banyak sekali sektor di Indonesia terpaksa ditutup. Diantaranya yaitu sektor pendidikan, ekonomi, wisata, transportasi, dan lain sebagainya.

Terutama di bidang pendidikan, saat ini semua sekolah yang ada di Indonesia harus menjalani belajar online atau belajar dirumah. Perubahan drastis ini sudah pasti sangat berdampak kepada anak-anak yang melihat atau mendengar berita terkait Covid-19 yang sering muncul di televisi, media cetak, media online serta media sosial, dan hampir semua orang membicarakan wabah ini. Mungkin hal-hal tersebut membuat anak merasa bingung atau cemas bahkan ada yang takut karena virus corona ini. Supaya anak tidak takut atau cemas, orang tua dan orang dewasa harus mengetahui cara yang tepat untuk menjelaskan apa itu virus corona kepada anak.

Para ahli di bidang psikologi anak juga menjelaskan bahwa orang tua harus menyampaikan informasi terkain covid-19 secara akurat dan memakai cara yang bisa dipahami oleh anak seusianya. Karena menyampaikannya dengan cara yang keliru, maka penjelasannya pun malah membuat anak semaki takut, cemas, hingga stress.

Ketika ingin menjelaskan virus Corona kepada anak, sebaiknya sebagai orang tua harus mengerti apa itu virus Corona, apa saja gejalanya, bagaimana virus itu menular, dan bagaimana penanggulangannya. Dan para orang tua juga bisa membuka video yang kami buat agar anak dapat mengerti tentang virus Corona/COVID-19 di link https://youtu.be/HyBY5MpV-T8

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x