Mohon tunggu...
Ishak Pardosi
Ishak Pardosi Mohon Tunggu... Spesialis nulis biografi, buku, rilis pers, dan media monitoring

Spesialis nulis biografi, rilis pers, buku, dan media monitoring (Mobile: 0813 8637 6699)

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Calon Menteri ESDM: Djoko Siswanto atau Dwi Soetjipto?

21 Agustus 2019   18:10 Diperbarui: 21 Agustus 2019   19:24 301 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Calon Menteri ESDM: Djoko Siswanto atau Dwi Soetjipto?
Dwi Soetjipto dan Djoko Siswanto (antarafoto.com)

Siapa Menteri ESDM selanjutnya? Apakah Jonan Ignasius masih tetap dipertahankan di periode kedua Jokowi? Bisa ya bisa juga tidak. Tergantung Presiden. Tapi seandainya Jonan diganti atau mungkin saja digeser ke pos menteri lain, siapa gerangan penggantinya? Ini menarik dinantikan.

Karena berasumsi dan berspekulasi belum dilarang negara, tak ada salahnya bila menebak siapa calon Menteri ESDM seandainya Jonan tak lagi menjabat. Kata kuncinya hanya satu: profesional alias bukan kader parpol manapun.

Karena harus diisi kalangan profesional, maka Menteri ESDM wajib memiliki jam terbang tinggi di sektor energi dan mineral. Atau salah satunya, energi atau mineral. Keduanya masih punya hubungan dekat walau tak terkait secara langsung. Mirip tapi tak sama.

Lalu siapa dong? Saya melihat ada dua calon potensial. Djoko Siswanto dan Dwi Soetjipto. Kedua sosok ini punya latar belakang yang sangat mumpuni di sektor energi. Jam terbangnya terbilang tinggi.

Djoko Siswanto yang akrab disapa Djoksis saat ini menjabat Plt Dirjen Migas di Kementerian ESDM. Jebolan Teknik Perminyakan ITB, pemegang gelar master dari Inggris dan gelar doktor dari almamaternya, ITB.

Sebagai ASN, jabatan Djoksis sudah mentok. Telah mencapai jabatan paling tinggi dengan pangkat Eselon I. Sederet posisi sudah pernah diembannya, dari Direktur Gas, Direktur BBM, hingga Sekretaris di BPH Migas. Kemudian Direktur Teknik dan Lingkungan di Ditjen Migas, lalu Deputi Pengendalian Pengadaan di SKK Migas.

Sederet jabatan dan pengalaman itu rasanya sudah lebih dari cukup untuk mempercayakan kursi Menteri ESDM kepada Djoksis. Tak kurang bahkan lebih.

Selain Djoksis, masih ada kandidat lain. Yakni Dwi Soetjipto yang saat ini menjabat Kepala SKK Migas sejak Desember 2018. Pengalaman Dwi Soetjipto juga cukup beragam. Ia pernah menjabat Dirut Semen Indonesia dan Dirut Pertamina. Jebolan Teknik Kimia ITS ini dikenal piawai dalam memimpin organisasi.

Dwi merupakan Dirut Pertamina yang ditunjuk Presiden Jokowi pada saat awal memerintah 2014 lalu. Ia sempat meninggalkan dunia energi karena ditugaskan membenahi Semen Indonesia. Kemudian, ia kembali ke dunia energi setelah ditunjuk menjadi Kepala SKK Migas.

Sekarang, sudah ada dua kandidat yang layak menempati pos Kementerian ESDM. Presiden tinggal menimbang, apakah memilih Djoko Siswanto atau Dwi Soetjipto.

Itu menurut saya, entah kalau Anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x