Mohon tunggu...
ahnaf ParamahansaSaputra
ahnaf ParamahansaSaputra Mohon Tunggu... @ahnaf_Paramahansa

Univ Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Upaya Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 di Desa Plaosan RT 02 RW 14 Purworejo, Jawa Tengah

1 Agustus 2020   12:18 Diperbarui: 1 Agustus 2020   12:16 9 1 0 Mohon Tunggu...

 Dunia ini  kini telah dilanda wabah virus Covid-19, tak terkecuali di Indonesia. Pandemic global tersebut menyerang manusia yang penularannya begitu cepat. Jutaan orang telah meninggal karena virus tersebut. Hal ini berdampak pada proses kehidupan dalam segala bidang. Pengaruh ini sangat merugikan banyak orang, baik bidang sosial, ekonomi, pemerintahan, pendidikan, dll.

Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu agen intelektual yang memiliki tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi terpanggil untuk turut berkontribusi bersama masyarakat dalam menghadapi COVID 19. Program ini diwujudkan melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan mahasiswa untuk menjadi Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19. Namun penerjunan ini tidak dilakukan secara langsung, kegiatan yang dilakukan diusahakan tetap daring. Jika pun terpaksa harus dilakukan secara langsung maka harus menjaga protokol kesehatan yang berlaku.

Ahnaf Paramahansa Saputra (Pendidkan Teknik Mesin) UNS, melakukan kegiatan KKN di DesaPlaosan Rt 02 Rw 14 Purworejo, Jawa Tengah. Program KKN ini berlangsung sekitar 40 hari dengan bimbingan Dr.Sc.Agr. Rahayu, S.P., MP dan Ketua RT setempat. Kegiatan KKN tersebut bertema Kesehatan Masyarakat Terhadap COVID-19.

Tema tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan pengedukasian tentang pentingnya penggunaan masker pada saat keluar rumah  (door to door)  dan serta pembagian masker ke warga. Kegiatan kedua yaitu penyemprotan desinfektan di Desa Plaosan Rt 02 Rw 14 meliputi rumah warga, tempat ibadah dan tempat umum. Kegiatan ketiga yaitu sosialisasi dan edukasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19 melalui poster dan sosial media. Kegiatan keenpat yaitu edukasi tentang kebersihan seperti mencuci tangan dan pembuatan tempat cuci tangan pada tempat ibadah dan tempat umum. Kegiatan kelima yaitu Progam pemantauan pemudik dan distancing saat Idul Fitri.

VIDEO PILIHAN