Mohon tunggu...
Parahita Indyra
Parahita Indyra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran

Allah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik UPI: "Quizizz" sebagai Evaluasi Pembelajaran Daring yang Menyenangkan bagi Siswa

31 Juli 2021   17:22 Diperbarui: 31 Juli 2021   19:39 231 1 0 Mohon Tunggu...

Covid-19 menjangkiti warga Indonesia sejak awal Maret 2020 lalu. Dari adanya pandemi tersebut, pemerintah akhirnya memberlakukan kebijakan bagi masyarakat untuk menjaga jarak (social distancing). Kebijakan tersebut tertunya mempengaruhi aspek pendidikan sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan) guna menghindari bertambahnya jumlah kasus pasien yang positif covid-19.

Pembelajaran daring merupakan proses belajar yang memerlukan jaringan internet, pelaksanaannya dapat dilakukan dimana saja, kapan saja. Walaupun pembelajaran daring tidak terbatas ruang dan waktu, ternyata memiliki kekurangan diantaranya keadaan lingkungan rumah yang ramai, diskusi yang dirasakan siswa berbeda dengan sekolah tatap muka sehingga mereka kesulitan memahami materi pembelajaran, dan rendahnya motivasi belajar sehingga siswa kurang mampu berkonsentrasi.

Untuk mengatasi kekurangan pembelajaran daring tersebut, Lembaga Pendidikan khususnya Universitas Pendidikan Indonesia turut berkontribusi dengan program KKN Tematik yang bertema Membangun Desa di Bidang Pendidikan dan Ekonomi (MDBPE) sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. KKN Gelombang 1 dilaksanakan mulai dari tanggal 1 hingga 30 Juli 2021, dan Gelombang 2 dilaksanakan pada bulan selanjutnya.

Pada bidang pendidikan, para mahasiswa melaksanakan KKN di sekolah (TK, SD, SMP, dan SMA). Program yang menjadi sasaran adalah pendampingan terhadap 2 orang guru, 10 orang tua siswa dan 10 orang siswa. Untuk itu salah satu sekolah yang akan dijadikan tempat sararan KKN Tematik yaitu MTs Daruththolibin yang berlokasi di Jl. Cipanas kp. Korobokan rt 01/rw05, ds Langensari Kec Tarogong Kaler Kab Garut.

Memasuki tahun ajaran baru, sekolah biasanya mengadakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) sebelum memulai pembelajaran yang intens. Kegiatan MPLS ini diisi dengan kegiatan memperkenalan para guru, para siswa dan apa saja mata pelajaran yang akan ditempuh selama semester tertentu. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan program pendampingan, dimulai dengan pendampingan terhadap siswa.

Di MTs Daruththolibin, kegiatan MPLS berlangsung mulai dari tanggal 12 - 15 Juli 2021 diselenggarakan secara tatap muka namun khusus bagi kelas 7 saja yang bertujuan agar siswa mereka mengenal lingkungan sekolahnya sebelum sekolah berlangsung secara online. 

Selama kegiatan, salah satu guru mencoba tes kepada siswa tentang materi sederhana yang pernah dipelajari sewaktu duduk dibangku Sekolah Dasar, yaitu Perkalian. Ternyata para siswa kurang berkonsentrasi sehingga tidak dapat memahami materi dengan baik. Sejak saat itu, mahasiswa memberikan solusi yaitu membuat game quiz yang bertujuan agar siswa dapat termotivasi untuk memperhatikan materi yang telah diberikan oleh gurunya. Game quiz ini menggunakan media "Quizizz".

Quizizz merupakan aplikasi atau web untuk membuat soal-soal pertanyaan quiz. Cara mengoperasikan nya mudah, menarik dan menyenangkan.

dokpri
dokpri
Mahasiswa mencoba membuat pertanyaan sederhana menggunakan "Quizizz" kemudian memberikannya kepada siswa sebagai media evaluasi pembelajaran (setelah mereka menyimak pematerian dari guru), terlihat mereka sangat senang dan skor quiz cukup memuaskan. 
dokpri
dokpri
Oleh karena itu, apabila kegiatan MPLS sudah berakhir harapannya para guru dapat menerapkan strategi penggunaan media evaluasi pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa secara tidak langsung akan termotivasi untuk berkonsentrasi, dan menyimak materi selama pembelajaran daring.  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN