Mohon tunggu...
Ghulam friskyyuhib
Ghulam friskyyuhib Mohon Tunggu... Mahasiswa

#Kun ma Allah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Introspeksi bagi Pelajar (korupsi waktu)

2 November 2019   10:47 Diperbarui: 2 November 2019   11:05 39 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Introspeksi bagi Pelajar (korupsi waktu)
republika.co.id

Korupsi??? Apa sih yang disebut korupsi itu??? Korupsi dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah bermakna penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Disini saya tidak akan membahas masalah revisi undang-undang kemarin ,yang lalu biarlah berlalu.

Tidak jarang kita korupsi tanpa kita sadari meski itu hal sepele. Contohnya bagi seorang pelajar yang sering melakukan korupsi "waktu". Dimana letak korupsi para pelajar??? Nah disini saya akan membahas masalah korupsi waktu yang sering dilakukan seorang pelajar.
 Karna saya juga seorang pelajar ,Sering kita temui dan kita alami dalam pembelajaran sudah tersusun sistem atau jadwal waktu lamanya kita beljar di kelas atau proses belajar mengajar berlangsung dikelas itu mempunyai jangka waktu tertentu disetiap materi pembelajaran. Semisal pelajaran PKN dua jam, matematika 2 jam .

Namun kita sering korupsi waktu dalam hal tersebut yang jarang kita sadari dikarenakan ketidak tauan. Karna kita sudah tenggelam dalam kenyamanan nafsu untuk tidak disiplin waktu dalam beljar. Biasanya para siswa maupun siswi sering berfikir untuk tidak masuk tepat waktu , memang berniat untuk telat dalam mengikuti proses belajar mengajar sedangkan waktu sudah dimulai.suatu akibat pasti ada sebab , pertanya besar bagi kita apa penyebab para pelajar korupsi waktu dalam beljar??? Alasan yang sering saya dengar ialah malas, malas dalam beljar ,dalam mengikuti pembelajaran dikarnakan tidak suka terhadap materi yang di bahas . Memang ada sebagian pelnar yang tidak sengaja korupsi waktu semisal ada udzur ketika hendak berangkat ke sekolah sehingga telat , tapi itu sedikit orang yang beralasan yang demikian. Kebanyakan ya mereka malas dalam pembeljaranan.

Saran saya alangkah baiknya kita sering intropeksi diri kita masing-masing dalam hal belajar karena mumpung kita masih muda marilah kita habiskan waktu kita untuk belajar ilmu Tuhan, sukailah semua bentuk materi pembelajaran agar kita tidak gelisah. Pelajarilah semua ilmu karena itu semua ilmu Tuhan. Marilah kita sadar diri akan kesalahan kita yang sering korupsi waktu dalam belajar. Kasihan kepada orang tua kita yang tidak pernah putus semangat dalam mencari nafkah untuk kita yang sedang belajar , apakah kita masih  pantas untuk tidak semangat dalam beljar??? Pertanyaan ini bisa dijawab oleh kita sendiri sehingga kita juga bisa intropeksi diri kita selama ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x