Mohon tunggu...
Abdul Rokib
Abdul Rokib Mohon Tunggu... Share and share

Saya ingin berbagi di sela-sela waktu saya ...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Asal Usul "Komsen" di Jatiasih

10 Oktober 2019   11:58 Diperbarui: 10 Oktober 2019   12:27 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jika kita keluar tol JORR Jatiasih, akan kita jumpai di sekitar area tersebut, toko-toko atau tempat-tempat lainnya menggunakan nama "Komsen" selain Jatiasih sendiri, ada rumah makan Komsen Aquarium dan ada juga Alfamart Komsen. Tahukah anda asal usul nama Komsen tersebut?

Saya kebetulan adalah kelahiran Jatiasih, dan sampai dengan usia 35 tahun tinggal di Jatiasih, tepatnya kelurahan Jatisari sehingga cukup faham mengenai perkembangan Jatiasih, baik dari sisi fisik maupun sosiologi masyarakatnya.

Nama komsen adalah nama suatu titik tempat berupa pertigaan di daerah Jatiasih yang merupakan pertemuan Jl. Raya Jatiasih (Bekasi - Pondok Gede) dengan Jl. Wibawa Mukti yang saat ini kian meluas hingga radius lebih dari 1 Km karena ada yang menyebut sebagai nama jalan yaitu "Jalan Raya Komsen" untuk jalan yang namanya sudah resmi ditentukan oleh pemerintah setempat sebagai jalan Wibawa Mukti.

Di pertigaan tersebut dulunya ada sejenis pos pemungutan retribusi jalan, dan pos sejenis kala itu disebut "Komsen" oleh masyarakat Jatiasih. sampai dengan tahun 1980 seingat saya masih ada pos tersebut, 

Selain di pertigaan jalan Jatiasih, ada juga pos sejenis di tempat lain yang posisinya di  pertigaan, dan yang saya tahu di Jatisari ada pertigaan Jalan  pertemuan antara Jl. Wibawa Mukti 2 dengan Jl. Sirojul Munir (dh. Jl. Bojongsari) persis di SPBU 34.17418 disebut juga Komsen BL (be el), namun ketika saya kecil sudah tidak ada posnya.

Mengenai kata "Komsen", tidak ada data yang valid berasal dari bahasa apa, kemungkinan besar kata "Komsen" berasal dari kata Komisian (tempat pemungutan komisi atau retribusi)...  Wallaahu a'lam.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x