Mohon tunggu...
Panji Pandawa
Panji Pandawa Mohon Tunggu... Manusia bukan bot

Menikmati hidup

Selanjutnya

Tutup

Media

Berita Televisi, Pengertian, dan Jenis-jenisnya

18 Oktober 2020   12:30 Diperbarui: 18 Oktober 2020   12:34 11 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam perkembangan teknologi, media untuk menyebarkan sebuah informasi dan berita semakin beragam, salah satunya ialah menyebar informasi atau berita dengan media televisi. Berita televisi adalah laporan cepat mengenai fakta atau ide baru yang benar dan di sampaikan dengan audio dan visual untuk menjelaskan sebuah infomasi yang di sampaikan kepada khalayak.

Berita televisi berbeda dengan media lainnya, seperti media cetak, karena teras berita di dalam berita televisi di lampirkan oleh pembawa berita (Anchor) sedangkan isi berita berada di dalam cuplikan gambar.

Berikut ini jenis-jenis berita televisi menurut Jb Wahyudi:

1. Berita Terkini
Merupakan uraian peristiwa dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan terjadi pada hari ini (news of the day). Berita terkini bersifat timeconcern, yaitu penyajiannya sangat terikat pada waktu. Makin cepat disajikan makin baik. Dengan syarat, nilai beritanya harus kuat. Berita Terkini dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Berita langsung, merupakan uraian fakta dan pendapat yang hanya mengandung inti-inti berita, yaitu 5W+1H (What (apa), Who (siapa), Why (mengapa), When (kapan), Where (dimana), dan How (Bagaimana)).

2. Berita mendalam (Indepth news), merupakan uraian fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita, dengan menempatkan fakta dan atau pendapat itu pada mata rantai dan merefleksikanya dalam kontek permasalah yang lebih luas. Berita mendalam dibagi menjadi Berita Interpretatif, Berita Komprehensif  dan Berita Investigatif.

*Berita Interpretatif adalah berita yang memfokuskan sebuah isu, masalah, atau peristiwa-peristiwa kontroversial. Intinya berita interpretatif bersifat bertanya, apa makna sebenarnya dari peristiwa tersebut.

*Berita Komprehensif (berita menyeluruh) adalah laporan tentang fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek.

*Berita Investigatif memiliki ciri khasnya, yaitu terletak pada pencarian fakta tersembunyi dengan cara menelusuri jejak dari peristiwa dan atau pendapat yang sudah diketahui atau fakta di permukaan.

2. Berita Berkala
Merupakan uraian fakta atau pendapat yang nilai beritanya kurang kuat, sehingga penyajian pada khlayak tidak terikat pada waktu (timeless). Uraiannya bersifat linier dan eksploratif. Berita berkala dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Berita analisis adalah uraian yang disusun setelah fakta dan pendapat yang akan diuraikan dipilih menjadi fakta dan pendapat utama serta fakta dan pendapat yang timbul sebagai akibat adanya fakta dan pendapat utama tesebut.

2. Laporan eksploratif adalah uraian fakta dan atau pendapat yang  diperoleh dengan cara menggali (explore). Topik pembahasan yang dipilih masih sudah ada dan bersifat umum, kemudian digali lagi menjadi lebih mendalam untuk mencari permasalahan yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x