panjie negara
panjie negara

maju bersama bangsa

Selanjutnya

Tutup

Senggang

Makna Bidadari dalam Tafsir Quraish Shihab

31 Agustus 2012   17:42 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:04 5720 16 15
Makna Bidadari dalam Tafsir Quraish Shihab
1346433325948956711

Bidadari berasal dari bahasa Sanskerta (विध्यधरी ; vidhyadharī), yang bermakna makhluk berwujud manusia berjenis kelamin wanita yang tinggal di kahyangan. Di dalam keyakinan agama Hindu, tugas dan fungsi mereka, adalah menjadi penyampai pesan para dewa kepada manusia. Di dalam Islam, Bidadari adalah pasangan bagi para penghuni surga. Istilah Bidadari sendiri, di dalam Al Qur’an disebut ‘huur‘. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah menyatakan bahwa istilah ‘huur’ tersebut merupakan bentuk kata yang bebas kelamin, artinya bisa diartikan sebagai perempuan dan bisa juga laki-laki. ‘Huur’ adalah sosok yang diciptakan sesuai keinginan dan hasrat si penghuni, tergantung kecenderungannya.

Kesan yang dimunculkan oleh kata ‘huur’ tersebut adalah terkait dengan : keindahan, kesetiaan, pengabdian, pasangan yang serasi dan sebagainya. Karena keberadaan ‘huur’ tersebut merupakan sesuatu bentuk ghaib yang belum bisa kita temukan padanannya dalam kehidupan dunia, maka pikiran kita tentu saja boleh secara bebas menafsirkan bagaimana sosoknya. Tentu dengan catatan, sepanjang tidak terlepas dari sifat-sifat dan ciri yang melekat kepada kata tersebut, dan ini bukan hanya terbatas kepada bentuk wanita yang cantik sebagaimana pemahaman kita tentang bidadari. Sumber : BIDADARI, sebagai pilihan LINGKUNGAN SOSIAL ?

Dengan demikian, didasarkan kepada Tafsir Quraish Shihab tentang makna "huur", di Surga kita bisa memilih “lingkungan sosial” mana, yang sesuai dengan hasrat kita.

- Bagi yang menyukai dunia spiritual, mungkin bisa memilih “lingkungan sosial” yang serba santri. Di dalamnya terdapat majelis dzikir, yang setiap saat memuji kebesaran ALLAH. - Ada yang punya bakat “playboy“, mungkin bisa memilih pasangannya di surga,wanita-wanita memiliki kecantikan luar biasa. - Sementara mereka yang sangat mencintai kehidupan keluarga, mungkin bisa memilih hidup sebagai keluarga ideal, dengan lingkungan yang ideal juga.

WaLlahu a’lamu bishshawab Beberapa artikel, sebagai referensi... 1. Kumpulan artikel, mengenai Islam dan Misteri Nusantara 2. Kumpulan artikel, tentang Misteri Penghuni Langit (Alien)