Mohon tunggu...
Noprianto
Noprianto Mohon Tunggu... Programmer - Menyukai pemrograman dan bahasa pemrograman Singkong

Sayuran dan tepung kolaborasi menjadi bakwan. Singkong dan kentang dapat menjadi perkedel. Tepung saja bisa menjadi pangsit. Menyukai pemrograman dan bahasa Singkong menyebabkan kurang tidur. Menikmati pemandangan, diskusi, dan menulis akan menyeimbangkan. Website: https://nopri.github.io

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

One-time Password dan Cerita Cinta Kita

11 September 2021   14:55 Diperbarui: 11 September 2021   15:02 85 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
One-time Password dan Cerita Cinta Kita
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Kau tahu, aku cinta padamu. Karena kalau tidak, pastilah tak kuceritakan ini padamu. Dan aku tahu, kau mungkin juga cinta padaku. Karena kalau tidak, bagaimana mungkin kita selalu satu hati?

Kata orang, setiap kisah cinta dimulai dengan sebuah cerita. Dan, cerita kita adalah tentang pilah pilih tempat makan secara acak. Kadang kita mencari suasana berbeda, kadang sekedar karena belum gajian. Di manapun kita sepakat, di sana jugalah cinta kita semakin bersemi.

Tentu kau tahu bahwa kita tidak selalu bisa bersama. Pekerjaan kita, rutinitas sehari-hari, semua serba berbeda. Jarak pun ikut memisahkan kita. Kadang aku heran, bagaimana mungkin sekedar tempat makan, bisa menyatukan kita. Tapi, begitulah kata orang bijak. Selalu akan ada perbedaan dalam cinta. Kita hanya perlu mendengar kata hati kita. Dan barangkali, tetap saling bicara.

Saling bicara lewat hati, tepatnya. Bukanlah ada lagu lama, bercerita betapa menakjubkan kamu bisa berbicara langsung pada hatiku. Tanpa bersuara, kadang dengan senyuman, dan pandangan matamu. Andaikata kita berbicara bahasa yang berbeda, cinta itu akan tetap ada. Andaikata koneksi internet terputus diantara kita, rasa itu masih akan tetap sama.

Aku harap, cerita kita masih akan panjang. Tidak semua bisa tersampaikan. Tapi, tetap tidak mengubah apa yang ada. Cinta tetaplah cinta, walau tak terungkapkan.

***

Pembaca yang terhormat, saya rasa cukup sampai di sini kata-kata gombalnya. Judul tulisan ini adalah tentang one-time password (OTP), yang dibumbui kisah cinta.

Saat ini, semakin sering kita menggunakan sistem yang dilengkapi OTP. Setelah nama dan sandi yang tepat dimasukkan, kita masih diminta untuk mengisikan sebuah kode unik (password), yang sekali pakai (one-time). Dengan demikian, sekedar nama dan sandi yang tepat saja tidak cukup. OTP adalah proteksi tambahan untuk kita.

Kode OTP ini bisa berbasis waktu (time-based OTP, atau TOTP) dan dapat menjadi tidak valid, misal setelah 30 detik. Mekanisme pengiriman kodenya pun bisa macam-macam, misal lewat SMS. Atau, yang lebih nyaman barangkali, adalah dengan aplikasi authenticator (misal: Google Authenticator). Dengan aplikasi authenticator yang dipasang ke ponsel pintar kita, tidak diperlukan koneksi internet ataupun ketersediaan jaringan komunikasi. Sepenuhnya offline. Seperti cerita cinta kita di atas.

***

Tentu saja, untuk menghasilkan kode OTP yang dianggap valid oleh server (aplikasi atau sistem yang kita gunakan), perlu ada kesepakatan yang sama diawal (secret key, misal berupa kode acak). Ingatlah bahwa cerita cinta kita bersemi karena pilihan tempat makan acak. Secret ini dihasilkan oleh server dan dapat ditampilkan apa adanya (misal dalam Base32) ataupun lewat QR code. Di aplikasi authenticator, kita melakukan setup dengan mengisikan key tersebut secara manual ataupun dengan memindai QR code. Proses setup ini hanya cukup sekali saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan