Mikro

Apa yang Melatarbelakangi Lahirnya KJ 4?

19 Mei 2018   14:12 Diperbarui: 19 Mei 2018   14:22 460 0 0
Apa yang Melatarbelakangi Lahirnya KJ 4?
lampungmaju.com

Program Kartu Jaminan 4 (KJ 4) kini sudah semakin dikenal oleh warga Lampung. Pada umumnya warga Lampung yang sudah mengetahui apa itu KJ 4 langsung antusias.

Karena KJ 4 bukanlah program yang mengada-ada atau program yang asal sebut saja, tapi KJ 4 realistis dengan kebutuhan masyarakat. Masyarakat merasa KJ 4 akan bisa menjadi wadah untuk mengangkat derajat hidup mereka.

Sebenarnya apa yang melatarbelakangi lahirnya program KJ 4? Munculnya KJ 4 tidak terlepas dari keprihatinan kandidat nomor 4 dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung yang digelar Juni mendatang.

Pasangan ini sudah melakukan studi dan melihat langsung kondisi yang sebenarnya terjadi di tengah-tengah masyarakat. Kondisi Lampung yang sebenarnya sangat miris.

Dari kenyataan yang dilihat bahwa anggaran dana yang jumlahnya cukup banyak di Provinsi Lampung  belum menyentuh kebutuhan mendasar masyarakat secara signifikan.

Sebagai contoh, peningkatan angka IPM yang terjadi, sebatas pertambahan nilai dari periode sebelumnya di propinsi Lampung, tetapi jika dinilai dari perbandingan dengan daerah lain, Lampung belum bisa keluar dari zona 3 daerah termiskin di Sumatra.

Penilaian Lampung sebagai propinsi termiskin ketiga di pulau Sumatra merupakansalah satu hal yang sangat miris, padahal Lampung memiliki potensi daerah yang seharusnya bisa membuatnya mencapai IPM  peringkat ke empat di Sumatra.

Belum lagi kondisi infrastruktur yang tidak merata. Daerah-daerah pedesaan, terluar, dan yang jauh dari pusat kota kurang terperhatikan.

Soal kesehatan dan pendidikan juga bikin dada kita sesak. Kita masih menemukan anak-anak putus sekolah dan bahkan banyak yang tidak pernah bersekolah karena faktor ekonomi.

Dari kondisi itulah tersentuh hati paslon nomor 4 untuk melahirkan KJ 4 yang meliputi menuntaskan persoalan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan mendorong usaha mandiri di Lampung.