Mohon tunggu...
Pangan Publik
Pangan Publik Mohon Tunggu... Organisasi Komunitas

[Bersama Kebangkitan Swasembada Pangan] "Lebih dari keluarga dan saudara sedarah, kami membuka sharing dan keluh kesah"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bertanya Kedaulatan Pangan, HUT 75 RI Pangan Publik Ajukan Diskusi Online Komisi IV DPR RI

14 Agustus 2020   18:41 Diperbarui: 14 Agustus 2020   21:10 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bertanya Kedaulatan Pangan, HUT 75 RI Pangan Publik Ajukan Diskusi Online Komisi IV DPR RI
Dok. pribadi

Puji syukur berkat rahmat dan hidayahnya, Tahun ini kita memperingati HUT 75 NKRI, yang mana menjadi perhatian bagi kita semua Rakyat Indonesia atas kemerdekaan yang telah di raih dengan di proklamasikannya kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 dan di peringati kembali dengan pengibaran bendera Merah Putih di hari senin, 17 agustus 2020. walau kondisi kini memprihatinkan, covid 19 masih ada di Indonesia sesuai berita yang beredar, namun kita harus tetap memperingati hari kemerdekaan yang setiap tahun kita kenang, begitupun kita maknai dengan kemerdekaan dengan kesejahteraan yang sesungguhnya.

Peringatan kemerdekaan tahun ini dapat dikatakan berbeda, dilakukan dalam kondisi negeri dilanda covid 19, yang mana dimungkinkan dalam segala kesempatan aturan protokol kesehatan yang disampaikan tim satgas covid 19 maupun arahan kementerian kesehatan agar dikuti bersama dengan baik dan bijak, agar penularan tidak meluas, masyarakat kembali sehat, begitupun roda perekonomian negeri mampu stabil kembali.

Polemik status pangan negeri menjadi perhatian, mengingat roda perekonomian terdampak dari menjalarnya covid 19. Maka tindakan alternatif, maupun aturan penanggulangan ketahanan pangan dini harus sudah dilakukan, baik itu dari kementerian pertanian pusat, lalu ke dinas dinas terkait di daerah provinsi hingga kabupaten / kota, maka DPR RI beserta DPRD pun harus berperan membantu melakukan tindakan akan ketahanan pangan negeri ditengah pandemi covid 19 ini.

Komunitas Pangan Publik Indonesia berinisiatif melakukan penggalangan aspirasi / pendapat melalui laman di media sosialnya Instagram akan meramaikan suasana HUT (Hari Ulang Tahun) NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ke 75 ini, bersamaan dengan upaya mengingatkan akan kedaulatan pangan negeri.

Maka 24 jam setelah dilakukan penggalangan aspirasi / pendapat, didapati masukan masukan maupun saran dari keanggotaan pangan publik beserta kawan kawan mahasiswa, netizen akan pangan publik melakukan diskusi online bersifat eksklusif. Pangan publik pun bersedia dan mengupayakan dengan tata cara yang ada untuk mengajukan diakusi online bersifat eksklusif, melalui Live Streaming Instagram antar akun Pangan Publik dengan Tokoh Republik yang diajukan. Kawan kawan pangan publik, beserta netizen lainnya pun dapat menyaksikan secara langsung, mudah di akses melalui akun instagram lainnya.

Budimansyah N Koordinator Pusat Komunitas Pangan Publik Indonesia, sekaligus aktif sebagai Kepala Departemen Sosial Pangan Masyarakat BEM FIPHAL Universitas Djuanda menyampaikan, "Diskusi Online bersama Tokoh Republik pada HUT 75 RI bersifat eksklusif, khusus namun umum dapat disaksikan seluruh kawan kawan pangan publik. Tema yang kami angkat pun yaitu Memaknai HUT 75 RI Dalam Meningkatkan Kedaulatan Pangan.

Sehubung dengan tema yang diajukan maka tidak menutup kemungkinan Tokoh Republik yang akan menyampaikan secara live streaming ini diharuskan juga menyampaikan keadaan status pangan negeri ini dalam 75 tahun, dengan menyampaikan status pangan kita hingga kini. Misal tergolong dalam ketahanan pangan, kemandirian pangan atau sudah sampai kedaulatan pangan. Saran saran hingga kerjasama pun akan dilakukan apabila dalam diskusi eksklusif ini dilaksanakan dengan sebaik baiknya."

Senin, 10 Agustus 2020 Komunitas Pangan Publik Indonesia menyurati anggota Komisi IV DPR RI ini yang diwakilkan oleh DR. Ir Endang Setyawati Dess., M.Sc, berharap agar meluangkan waktunya untuk melaksanakan Live Streaming Instagram. Tanpa pembatalan, mengingat adanyanya diskusi eksklusif ini mampu berdampak menjadi perubahan nyata yang disaksikan terbuka bagi kawan kawan netizen maupun keanggotaan pangan publik yang umumnya di dominasi dari pemuda baik itu yang masih menyandang status mahasiswa maupun yang sudah lulus, hingga perhatian masyarakat umum yang memiliki akun instagram agar tersampaikan lebih luas lagi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x