Mohon tunggu...
Pandu Cahya Widihartanto
Pandu Cahya Widihartanto Mohon Tunggu... Pendidikan IPS - FIS - UNJ

Mahasiswa Pendidikan IPS - Universitas Negeri jakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sekilas Informasi Umum Mengenai Negara Rusia

20 Juni 2021   17:21 Diperbarui: 20 Juni 2021   17:33 123 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekilas Informasi Umum Mengenai Negara Rusia
Credit: Unsplash.com/Victor Malyushev

Negara Rusia

Rusia merupakan salah satu dari sekian banyaknya negara maju yang ada didunia ini sekaligus sebagai negara dengan wilayah daratan terluas didunia dengan ukuran luas wilayah mencapai luas sekitar 17,098,242 km2. dengan letak astronomi berada dititik berada pada titik 41o-82o LU dan 19o-169o BB dengan perkiraan jumlah penduduk pada tahun 2018 mencapai total 142 juta jiwa yang dimana disini bisa kita lihat bahwa jumlah penduduk yang dimiliki oleh negara rusia ini kurang lebih hanya setengah dari jumlah penduduk yang dimiliki Indonesia. untuk letak posisi sendiri rusia berada pada 2 benua yaitu benua asia di bagian utara dan di bagian timur benua eropa. rusia sendiri terbagi menjadi dua wilayah yaitu rusia bagian barat dan rusia bagian timur. rusia bagian barat berada diwilayah timur eropa dan sebelah barat pegunungan ural, sedangkan rusia bagian timur berada di wilayah kawasan asia.

Sejarah Singkat berdirinya Rusia

sebelumnya rusia sendiri termasuk kedalam negara yang bernama uni soviet yang merupakan sebuah negara dengan sistem pemerintahan sosialis pada tahun 1922 dan negara uni soviet ini bubar pada tahun 1991 dan membuat lahirnya negara federasi rusia dengan presiden yang pertama kali memimpin negara ini bernama boris yelstin dan pada tahun 1999 atau tepatnya pada tahun 2000 dilakukan lah pemilihan umum untuk memilih pemimpin rusia selanjutnya dan terpilihlah Vladimir Putin yang menjabat menjadi pemimpin Rusia hingga saat ini.

Kondisi geografis Rusia

Rusia diketahui memiliki posisi wilayah yang berada pada utara bumi atau lebih tepatnya berdekatan dengan wilayah kutub utara yang membuat kondisi alam di rusia ini bervariasi karena luas wilayah yang luas dimana ada beberapa daerah yang menerima cuaca panas dan ada juga yang mendapatkan cuaca dingin bahkan salah satu wilayah dirusia memiliki cuaca dingin yang ekstrem yaitu wilayah Siberia dengan musim panas yang pendek tetapi musim dingin diwilayah tersebut bisa mencapai suhu -35oc. kondisi yang lebih mengarah ke dominan dingin namun dibeberapa tempat juga mendapatkan cuaca panas inilah yang menyebabkan vegetasi yang dimiliki oleh negara rusia ini rata rata di tumbuhi oleh padang rumput, tundra dan hutan taiga. dengan luas wilayah yang dimiliki oleh rusia tentunya banyak sekali sumber daya alam yang dimiliki oleh rusia sendiri misalnya saja rusia memiliki sumber daya alam dari bidang pertambangan berupa besi, batu bara, logam mulia dan lain sebagainya.

kondisi cuaca di Rusia ketika sedang memasuki Musim dingin , Credit, Unsplash.com/Natalia Ventskovskaya
kondisi cuaca di Rusia ketika sedang memasuki Musim dingin , Credit, Unsplash.com/Natalia Ventskovskaya

Ciri khas dan keunikan Negara Rusia

Selain dari keunikan yang dimiliki dari segi geografis sendiri negara Rusia tentunya juga memiliki beragam keunikan lainnya misalnya saja sebagian besar penduduk yang dimiliki oleh warga rusia ini berjenis kelamin perempuan lebih besar dibandingkan dengan penduduk laki-laki serta juga memiliki beberapa tempat wisata terkenal misalnya saja seperti red square dan juga st. Basil Karthedal yang merupakan salah satu tempat destinasi wisata terkenal yang ada dirusia. tidak hanya itu saja rusia juga terkenal akan masyarakatnya yang bersifat multikulturalisme yang dimana masyarakat rusia ini terdiri kurang lebih sekitar 160 etnis suku masyarakat dan juga rusia diketahui sebagai negara yang menerapkan sistem sekolah gratis kepada masyarakatnya hingga ke jenjang sekolah menengah.

Red Square yang merupakan warisan budaya dan sekaligus menjadi destinasi wisata milik negara rusia, Credit: Unsplash.com/Serj Tyaglovsky
Red Square yang merupakan warisan budaya dan sekaligus menjadi destinasi wisata milik negara rusia, Credit: Unsplash.com/Serj Tyaglovsky

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN