Mohon tunggu...
Sri S Pande
Sri S Pande Mohon Tunggu...

Tanah airku Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hari Nasional

8 Agustus 2011   23:44 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:58 61 0 0 Mohon Tunggu...

Hari ini, 9 Agustus 2011, adalah Hari Nasional Singapura (Bahasa Melayu: Hari Kebangsaan Singapura) yang ke 46. 9 Agustus tidak disebut Hari Kemerdekaan Singapura, melainkan disebut Hari Nasional karena, sebelum 9 Agustus 1965, Singapura sudah merdeka (mempunyai pemerintahan, perdana menteri) dari Britania Raya, dan sempat menjadi negara bagian di Malaysia. Untuk memperingati lepasnya Singapura dari Malaysia, 9 Agustus menjadi Hari Nasional.

Jauh sebelum 9 Agustus, sekitar 1 bulan sebelumnya, jalanan, perumahan, sekolah sudah dihias dengan bendera Singapura. Gladi Resik sudah dilakukan untuk perayaan Hari Nasional. Di sini, pada 8 Agustus murid-murid sekolah baik warga negara Singapura atau warga asing, wajib ikut merayakannya, tetapi warga asing, tidak perlu menyanyikan Lagu Kebangsaan dan Ikrar Negara.

Murid-murid di sini datang ke sekolah sekitar pukul 8 pagi. Kebanyakan sekolah mengintruksikan murid-murid dan guru-guru untuk memaki baju berwarna merah atau putih. Berbeda dengan di Indonesia, di sini tidak ada topi upacara, ataupun melakukan salut/hormat kepada bendera. Tetapi ketika pembacaan Ikrar Negara tiba, mereka harus menaruh kepalan tangan mereka di depan hati/jantung mereka dan ikut mengucapkan Ikrar Negara.

Setiap kelas mendapat camilan berupa roti dan minuman ringan. Setelah selesai upacara bendera, murid-murid pun pergi ke aula untuk acara berikutnya, biasanya OSIS sekolah dan guru-guru sudah mempersiapkan pertunjukan atau kuis berhadiah. Murid-murid yang antusias, ada yang memakai pita merah, ataupun memakai tato bendera Singapura, mengibar-ibarkan miniatur bendera Singapura. Pertunjukan pun dimulai, ada tarian tradisional, tarian modern dengan latar belakang lagu tentang Singapura, kuis berhadiah tentang pengetahuan umum Singapura.

Tahun ini perayaan Hari Nasional, (National Day Parade, Perbarisan Hari Kebangsaan, 国庆庆典, தேசிய தின அணிவகுப்பு) dirayakan di The Float@Marina Bay (tempat pembukaan dan penutupan Youth Olympic Games 2010), yang setiap tahunnya dirayakan dengan sangat meriah, ada banyak pertunjukan, goodie bags, upacara bendera, kembang api, flypast (pesawat tempur terbang dalam sebuah posisi dan membentuk bendera negara dengan kepulan asapnya di udara), parade tentara dan helikopter tentara yang mengangkat bendera Singapura ke udara. Acara ini dihadiri oleh Perdana Menteri dan Presiden Singapura, dan para Menteri Kabinet. Acara ini disiarkan langsung di semua saluran televisi Singapura, ataupun bisa ditonton di Internet, dan pemirsa bisa menontonnya video ulang nya sampai 9 September 2011. Tempat berlangsungnya Hari Kebangsaan bisa menampung 30000 orang, harga satu tiket untuk bisa menyaksikan langsung berkisar S$250 (atau sekitar Rp 1 700 000).

Tema Hari Nasional tahun ini adalah Majulah! The Singapore Spirit. Setiap tahunnya ada official theme song Hari Kebangsaan, tahun ini judulnya In A Hearbeat, dinyanyikan oleh Slyvia Ratonel (juara 2 Singapore Idol Musim Ketiga). Tahun-tahun sebelumnya lagu official Hari Nasional dinyanyikan oleh Singapore Idol Finalist, ataupun penyanyi Singapura yang menetap di luar negeri.

Hasil memukau Singapura mengalahkan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2014 beberapa waktu yang lalu, disebut sebagai kado manis Hari Nasional.

Saya jadi salut sama Timnas Indonesia dengan maju ke babak berikutnya, sebuah kado manis juga bagi Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus ini.

http://www.ndp.org.sg

VIDEO PILIHAN
Lihat Sosbud Selengkapnya
KONTEN MENARIK LAINNYA
x