Mohon tunggu...
Pande Anggarnata
Pande Anggarnata Mohon Tunggu...

Staf pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Klungkung Bali

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Caling Tanduk Disdukcapil Klungkung

5 Oktober 2016   18:54 Diperbarui: 6 Oktober 2016   18:13 0 0 0 Mohon Tunggu...
Caling Tanduk Disdukcapil Klungkung
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Meninjau Caling Tanduk di Nusa Penida

Kabupaten Klungkung merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Bali. Kabupaten yang jumlah penduduknya paling sedikit yaitu sekitar 130 ribu jiwa. Klungkung merupakan Kabupaten kepulauan. Klungkung memiliki 3 buah pulau, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan. Daerah terluasnya ada di Pulau Nusa Penida. Sementara ibukota ada di pulau Bali yaitu Kota Semarapura.

Guna mendukung program pemerintah dalam hal administrasi kependudukan, maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengeluarkan program unggulan yaitu CALING TANDUK, Dinas kKependudukan dan Catatan Sipil Keliling Mencetak Dokumen Kependudukan. Disdukcapil Klungkung secara rutin menyambangi pulau Nusa Penida selama 2 hari guna membantu warga membuat dokumen kependudukan. Muali dari perekaman KTP elektronik, KK dan semua Akta Pencatatan Sipil.

Setiap Disdukcapil turun ke Nusa Penida, masyarakat sangat antusias, permohonan yang masuk rata 200 akta lahir dan 140 perekaman KTP elektronik. Kedatangan disdukcapil ke Nusa Penida sangat dinanti-nantikan warga. Karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat dan semua dokumen selesai hari itu juga.