Mohon tunggu...
Wahid PanduMustika
Wahid PanduMustika Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa 2021 unissula

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penerapan Nilai Pancasila dalam Nilai Islam

28 November 2021   16:30 Diperbarui: 28 November 2021   16:31 49 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai landasan idiil atau merupakan dasar negara Republik Indonesia diyakini mampu mempersatukan bangsa dari banyaknya keanekaragaman suku,ras,budaya bahkan agama.Oleh karena itu, Pancasila diyakini diyakini  dapat mewujudkan nilai dalam tolerasansi beragama antar sesama warga negara Republik Indonesia.

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama islam sudah sepatutnya kita menjadi cermin bagi negara-negara lain dalam melakukan aktivitas di semua aspek kehidupan yang senantiasa menjunjung tinggi nilai luhur,budi pekerti yang baik.Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila memuat banyak sekali arti yang terkandung tentang pentingnya bertoleransi,persatauan dan kesatuan yang kuat ,dan juga keadilan yang sagat dijunjung tinggi dalam bermasyarakat .

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al-mumtahanah ayat 8 yang artinya :

"Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil".

Dalam bermasyarakat patutlah kita meneladani kepribadian dari Rasullulah yaitu Nabi Muhammad SAW,karena sifat yang adil dalam menjaga toleransi,sabar dalam menghadapi segala rintangan dan cobaan.Indonesia adalah negara yang berketuhanan yang Maha Esa yang artinya setiap warga negara diberi kebebasan dalam memilih dan memeluk agamanya masing-masing tanpa menjelekan dari agama lain.Sebagaiman Firman Allah dalam surat Al-Kafirun ayat 6 yang artinya:

"untukmu agamamu dan untukkulah agamaku"

Maka dari itu dalam kehidupan bermasyarakat kita tidak lepas dari yang Namanya nilai Pancasila sebagai dasar negara , Al-Qur'an sebagai pedoman hidup agar kita senantiasa menuju ke jalan yang lurus.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan