Dunia jurnalistik mengalami banyak perubahan seiring berjalannya waktu. Jurnalistik yang awalnya hanya menggunakan media cetak sebagai salah satu hasil atau produk jurnalistik, sekarang ini sudah mulai menggunakan jaringan internet sebagai media dari produksi jurnalistik.Â
Media baru sebagai medium dunia jurnalistik  memiliki beberapa karakter yang tidak bisa dipisahkan, karakter suatu media disebut sebagai media baru menurut Lister, 2003adalah tentang adanya unsur digitally, interactivity, hypertextual, networked, virtual, dan simulated.
Munculnya internet menjadi salah satu pendorong munculnya media-media baru yang menggunakan jaringan internet sebagai medium untuk memasarkan produk-produk informasi, salah satunya adalah produk jurnalistik atau jurnalistik online.Â
Pengertian Jurnalistik
Jurnalistik sendiri menurut Hadi, 2010 artinya adalah kegiatan mencari dan mengumpulkan informasi tentang kejadian yang ada di masyarakat, yang tidak dapat lepas dari kontruksi dari perspektif jurnalis yang bersangkutan yang kemudian menjadi berita.Â
Jurnalisme Online
Jurnalisme online menurut Hasfi, 2009 adalah kegiatan jurnalistik yang melibatkan internet sebagai medium penyebaran informasi, dapat dilakukan oleh jurnalis profesional atau jurnalis warga yang menulis melalui blog-blog individu.Â
Jurnalis online adalah orang-orang yang memiliki keahlian khusus dan menguasai ilmu di bidang proses pembuatan berita dengan mencari, mengumpulkan, dan melaporkan suatu kejadian menjadi sebuah berita, yang bekerja di media massa baik media tradisional atau media baru.Â
Pada dunia jurnalistik online, beberapa karakteristik yang muncul sebagai salah satu pelopor dunia jurnalistik baru yang fresh dan menarik.
Karakteristik jurnalisme online menurut McQuail (2000), dalam Hasfi, 2009 adalahÂ
- Interaktivitas
Jurnalisme online saat ini secara langsung atau pun tidak, mendorong para pengguna atau pembacanya untuk ikut serta aktif memberikan respon dan melakukan komunikasi dua arah.
- Citizen Journalism muncul sebagai salah satu karakteristik yang dimiliki oleh jurnalisme online. Para pengguna tidak lagi hanya menerima informasi tetapi juga dapat ikut serta menyebarkan informasi.