Mohon tunggu...
Pak Guru Fahriza official
Pak Guru Fahriza official Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Interaksi Sosial dan Interaksi terhadap Lingkungan Hidup

7 November 2022   21:03 Diperbarui: 7 November 2022   21:13 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi

Belajar Interaksi Sosial Dan Interaksi Terhadap Lingkungan Hidup

Medan, 7 November 2022, Hari ini siswa kelas 5 SD Persa sekolah juara Medan belajar tentang interaksi sosial dan Interaksi terhadap lingkungan. Hari kelas 5 belajar tematik. Mulai dari belajar pencernaan pada manusia. Kemudian membuat komik dan juga tentang interaksi. 

Diawal pembelajaran siswa diajak melakukan relaksasi dengan metode STOP. Ini dilakukan dengan tujuan agar siswa siap dalam menghadapi pembelajaran. Setelah dilakukan relaksasi ada saja tanggapan mereka. Ada yang bilang jadi mengantuk, ada yang bilang jadi lebih tenang dan ada juga yang jadi lebih rileks dan siap untuk belajar. 

Pertama siswa diajak untuk membaca sebuah cerita. Ada 3 orang siswa yang berperan. Siswa yang lain mendengar. Siswa yang senang mendengar akan sangat tertarik. Sementara siswa yang auditori melihat bagaimana peran dari teman - teman dan pak guru saat menjelaskan pelajaran melalui cerita dan gambar. Mengenai sistem pencernaan.

Setelah masuk pembelajaran tentang interaksi. Siswa dipancing rasa penasarannya dengan pertanyaan yang menarik. Mengenai apa itu interaksi. Setelah itu baru siswa diajak untuk berperan didalam kelas. Bagaimana interaksi sosial itu terjadi. 

Setelah siswa memahami semua teori tentang interaksi. Mereka diminta mengamati lingkungan sekitar sekolah. Kemudian mereka mencatat hasil pengamatannya. Setelah kegiatan mengamati diluar kelas. Siswa kambali masuk untuk mengerjakan tugas. Tugas membuat jurnal hasil pengamatan. Apakah ada dilingkungan sekolah interaksi sosial dan Interaksi terhadap lingkungan hidup. 

Hasilnya siswa berhasil mengerjakan tugas dengan baik. Hampir bisa menyelsaikan tugas dengan baik. Sesi terakhir siswa dan guru melakukan refleksi pembelajaran hari ini. Saat ditanya bagaimana belajarnya hari mereka semua mengatakan seru. Akhirnya kelas ditutup Dengan happy. Semangat terus ya siswa kelas 5 Belajarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun