Mohon tunggu...
Pak Guru Fahriza official
Pak Guru Fahriza official Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Saling Memotivasi

4 November 2022   07:35 Diperbarui: 4 November 2022   07:50 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saling Memotivasi

Medan, 4 November 2022, Pembelajaran Al - Qur'an dilaksanakan setiap hari di SD Persa Sekolah Juara. Jadwalnya mulai hari Senin hingga Kamis. Hari Jum'at siswa hanya melakukan pembiasaan Al - Qur'an membaca surah Al - Kahfi.

Setiap hari Senin siswa belajar hukum tajwid, Makhrijul Huruf dan hukum lainnya. Sedang hari Selasa hingga Kamis siswa membaca Al - Qur'an dengan disimak oleh guru. Setelah membaca siswa menyetor hafalan Al - Qur'an masing - masing.

Saat penyetoran hafalan ini motivasi siswa kelas 5 SD Persa Sekolah Juara Medan berbeda - beda. Ada yang stornya melebih target, ada yang pas target dan ada juga yang tidak mencapai target. Setelah melakukan refleksi pembelajaran akhirnya dibuatlah strategi bersaudara. Siswa yang memiliki motivasi tinggi dipersaudarakan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah. Hal ini bertujuan agar mereka bisa saling memotivasi. Karena kebaikan itu harus ditularkan.

Jadi setiap pasangan ini bertanggung jawab untuk kemajuan saudaranya. Mereka harus menyetor hapalan secara berpasangan. Jika yang memiliki motivasi tinggi sudah mencapai target maka dia harus memotivasi pasangannya hingga mencapai target juga. Selain memenuhi target hafalan, Disini mereka juga memupuk rasa kepedulian atas kemajuan saudaranya. Menepis ego untuk selalu terdepan sementara tidak peduli dengan sekitarnya. Sehingga bisa menjadi lebih bermanfaat.

Hasilnya luar biasa. Siswa yang memiliki motivasi tinggi tetap mampu melewati target. Sedangkan teman yang memiliki motivasi rendah menjadi lebih termotivasi. Akhirnya siswa tersebut bisa mencapai target bahkan juga bisa melebihi target. Mereka saling memotivasi agar bisa segera menyetor hafalan. Akhirnya mereka bisa sukses bersama. Ini lah pendidikan menjadikan siswa berkarakter lebih baik dan target pembelajaran juga tercapai. Tetap semangat ya siswa SD Persa Sekolah Juara Medan untuk terus bermanfaat kepada orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun