Mohon tunggu...
Pak Guru Fahriza official
Pak Guru Fahriza official Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Home Visit Memang Istimewa

23 September 2022   14:52 Diperbarui: 23 September 2022   15:09 21 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Medan, 23 September 2022, Home visit adalah salah satu kegiatan sederhana yang dilakukan oleh SD Persa Sekolah Juara Medan. Kegiatan ini dilakukan setiap guru kelas terhadap setiap muridnya. Minimal 1 kali dalam satu tahun siswa dikunjungi kerumah oleh gurunya. 

Kunjungan ini bukan bersifat sidak tapi lebih melihat situasi rumah anak. Guru dapat mengetahui apa problem yang dihadapi orang tua terhadap anaknya. Karena sering kali ditemukan ketika home visit anak yang di sekolah sangat baik. Tapi memiliki kendala dengan orang tua. Mungkin karena di rumah bisa manja dengan orang tua atau sebab lainnya. Setelah mengetahui masalah di sekolah dan di rumah kerja sama lebih mudah dijalankan.

Kunjungan kali ini Pak Guru berkunjung kerumah Qisya dan Tsaqibah. Mereka bertetangga jadi bisa sekalian jalan. Waktu itu Tsaqibah sedang sakit sehingga berkunjung menjenguk Tsaqibah sekaligus kerumah Qisya. 

Tsaqibah ternyata selama ini sering membantu ibunya berjualan hingga malam sehingga fisik sedikit melemah. Akhirnya dia jatuh sakit. Qisya anak yang selalu ceria ini ternyata masih senang manja sehingga sering mengalihkan tanggung jawab pekerjaan harian kepada kakaknya. 

Saat disampaikan oleh ibunya Qisya tersenyum dan mengakui kesalahan. Qisya berkomitmen untuk memperbaiki. Qisya dan Tsaqibah anak yang mandiri. Hanya saja terkadang sifat manjanya masih Muncul karena sama - sama anak bungsu.

Selalu ada cerita yang menarik ketika guru sudah sampai kerumah siswa. Banyak solusi yang bisa didiskusikan antara guru dan orang tua serta anak. Selain itu siswa merasa istimewa karena gurunya mau berkunjung kerumahnya. Sehingga mereka merasa dihargai sama gurunya. Alhamdulillah biasanya juga diiringi perubahan positif bagi siswa. Home visi ini kegiatan sederhana tapi penuh makna.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan