Mohon tunggu...
Pak Guru Fahriza official
Pak Guru Fahriza official Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Belajar Bertanggung Jawab

9 September 2022   10:16 Diperbarui: 9 September 2022   10:18 80 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Belajar Bertanggung Jawab

Medan, 9 September 2022.  Siswa kelas 5 SD Persa Sekolah Juara Medan belajar bertanggung jawab. Tema 2 pembelajaran di kelas 5 kali salah satunya tentang bertanggung jawab. Siswa belajar memahami apa itu bertanggung jawab. Siswa juga diminta untuk memahami berbagai tanggung jawab. Tanggung jawab sebagai diri sendiri, sebagai anggota keluarga, tanggung sebagai siswa, tanggung jawab sebagai masyarakat dan warga negara. Pembelajar ini bertujuan agar setiap siswa memahami tanggung jawab dan dapat menjalankan tanggung jawab.

Salah satu tanggung jawab yang harus dilaksanakan siswa adalah menjadi anggota keluarga. Setelah mereka mengetahui semua teori tentang tanggung jawa sekarang saatnya mereka belajar langsung bagaimana bertanggung jawab. Setiap orang siswa diminta untuk mengisi daftar tugas anak di rumah. Jika ada yang belum memiliki tugas harian yang menjadi tanggung jawabnya maka orang tua harus mendiskusikan tugas yang akan diberikan kepada anak. Syarat memberikan tugas kepada anak adalah didiskusikan dan tugas yang diberikan harus sesuai dengan usia siswa.

Setelah semua orang tua mengirim list tugas harian siswa. Orang tua diminta untuk mengontrol tanggung jawab siswa tersebut dengan menggunakan lembar mutabaah harian. Salah satunya orang tua menyetorkan foto atau video kepada guru kelas saat siswa mengerjakan tugasnya. Hasil laporan yang didapat sebagian besar siswa mengerjakan tanggung jawabnya di rumah. Ada yang membantu orang tua mencuci piring, memasak lauk, menyiram tanaman, menyapu rumah dan masih banyak lagi. Rumah itu tanggung jawab semua anggota keluarga. Ibu tidak boleh capek sendirian. Sementara anggota keluarga yang lain hanya melihat dan tidak membantu. Belajar bertanggung jawab menumbuhkan rasa empati untuk kepedulian terhadap orang lain.

Bertanggung jawab adalah salah satu rasa yang harus dimiliki oleh setiap siswa SD Persa sekolah Juara Medan. Karena dengan menjadi manusia yang bertanggung jawab mereka bisa diandalkan dimana saja. Jika mereka terbiasa melakukan tanggung jawab maka mereka akan terbiasa untuk melakukan tugasnya dengan baik. Ini adalah salah satu modal untuk mereka bisa bertahan hidup nanti saat mereka dewasa. Tetap semangat siswa SD Persa Sekolah Juara Medan. Semoga sukses selalu.

(Dok. pribadi)
(Dok. pribadi)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan