Mohon tunggu...
Abdul Cholik
Abdul Cholik Mohon Tunggu...

Kakek dari 4 orang cucu yang pintar dan lucu-lucu.Tinggal di Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Digital

7 Pedoman dalam Memilih Nama Domain

14 Oktober 2011   07:00 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jika orang membaca Kompasiana.com maka dengan mudah menebak bahwa situs itu berkaitan dengan Kompas. Nama domain harus dipilih secara cermat terutama jika pemilik blog atau situs akan menggunakannya untuk monetize blog. Nama domain yang mengandung keyword terpilih konon akan mudah menempati posisi depan pada search engine. Berikut disampaikan 7 point yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain.

1. Nama sebaiknya tidak terlalu panjang, bisa satu kata atau dua kata, misalnya sepatu.com, bukubagus.com. Namun demikian kita kadang akan terhambat pada saat memilih nama tersebut pada situs penjuanya. Nama-nama yang pendek dan bagus pada umumnya sudah dibeli oleh orang lain sehingga mau-tidak mau kita harus mencari nama yang lainnya. Jika tetap ingin membeli nama yang kita inginkan biasanya kita tambahkan satu atau dua kata lagi, misalnya sepatubagus.com atau bukubagusmurah.com. Dengan demikian maka unsur pendeknya tidak terpenuhi. Tipsjitungeblog.info saya pilih karena nama yang lain sudah dibeli orang.

2. Nama sebaiknya juga mudah dihafal atau diingat. Salah satu blog saya yang sukar diingat dan dihafalkan adalah canonvixiahfg10top.com. Nama itu memang sengaja saya pilih karena blog itu memang dikhususkan untuk menulis review sebuah produk camcorder.

3. Sebaiknya dihindari nama yang menggunakan _ atau kombinasi huruf dan angka karena orang pada umumnya enggan mengetik huruf lalu beralih ke karakter lain.

4. Hindari nama yang menggunakan nama produk guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Jika akan membuat review tentang nama produk tersebut sebaiknya diberi tambahan kata lain misalnya cheap, review, top atau apa saja sehingga nama itu akan berbeda dengan nama produk.

5. Ada juga orang yang berpendapat bahwa nama .com lebih menguntungkan karena pada umumnya orang terlanjur atau terbiasa mengetikkan nama.com daripada nama.mobile, nama.cc dan lain sebagainya.

6. Jika ingin monetize blog nama domain sebaiknya telah mengandung keyword yang akan dibidik sehingga kemungkinan untuk menempati posisi yang bagus pada search engine menjadi semakin besar. Memang, masih banyak faktor yang mempengaruhi bagus tidaknya posisi blog kita di search engine.

7. Blog yang artikelnya menggunakan bahasa asing sebaiknya juga menggunakan nama yang senada bahasanya agar orang asing lebih mudah mengenalnya.

Simak artikel selengkapnya di Tips Jitu ngeBlog

KONTEN MENARIK LAINNYA
x