Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Laki-laki Sejati Tak Mudah Curiga kepada Istri

2 November 2022   16:47 Diperbarui: 2 November 2022   16:48 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Catatan Laki-laki (4)

Umumnya laki-laki lebih dominan dalam penggunaan potensi rasionalitasnya dibandingkan perempuan. Maka laki-laki harus lebih mampu mengontrol emosi, tidak mudah baper, tidak mudah cemburu, tidak mudah curiga kepada istri.

Tidak patut bagi laki-laki untuk selalu curiga dan berusaha mencari-cari kesalahan, kelemahan dan kekurangan pasangan. Dari Jabir bin Abdillah ra, ia berkata,

"Rasulullah saw melarang laki-laki mendatangi istrinya di malam hari untuk mencari-cari tahu apakah istrinya berkhianat kepadanya atau untuk mencari-cari kesalahannya" (HR. Muslim no. 715).

Al-Muhallab menyatakan, hadits di atas adalah di antara dalil yang menunjukkan larangan mencari-cari kesalahan dan kelengahan istri. Tindakan seperti itu adalah bagian dari fitnah dan termasuk berburuk sangka padanya (Syarh Al-Bukhari li Ibni Batthal).

Yang harus dikembangkan adalah suasana saling percaya dan saling menjaga. Utamakan husnuzhan dan berpikir positif kepada pasangan.

Jangan mudah curiga dan syak wasangka kepada istri. Penuhi jiwa istri dengan cinta, kasih sayang dan perhatian. Niscaya dirinya akan selalu bahagia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun