Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

"Bids" Komunikasi Suami Istri

22 Juli 2022   07:04 Diperbarui: 22 Juli 2022   07:14 1029 18 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Komunikasi suami istri bukan hanya terkait ilmu, namun juga keterampilan dan seni. Membangun komunikasi tidak sekedar memerlukan ilmu, namun harus disertai keterampilan dan penerapan yang memenuhi sisi estetika.

Salah satu bentuk seni berkomunikasi adalah adanya "bids", yang dianggap merupakan satuan dari komunikasi emosional. John Gottman dan tim telah melakukan riset puluhan tahun tentang komunikasi, terutama komunikasi pasangan (kekasih, suami istri). Ia menemukan sebuah seni berkomunikasi yang secara alami terbangun antara suami dan istri.

Menurut Gottman, pada dasarnya "bids" adalah sebuah usaha awal untuk membangun koneksi emosional dengan pasangan melalui komunikasi verbal maupun nonverbal. Ada "pesan tersembunyi" di balik sebuah bids, yang belum tentu dipahami oleh pasangan.

"Waw, dingin banget malam ini... Kamu kedinginan nggak sayang?" ujar seorang istri. Inilah adalah contoh sebuah bids.

Melalui bids ini, secara eksplisit sang istri memberi tahu suami bahwa dia kedinginan. Pesan yang tidak diucapkan oleh sang istri adalah dia berharap mendapatkan pelukan hangat dari suami.

Dengan ungkapan pesan secara samar, sang istri memberikan ruang kepada suami untuk menolak secara halus. Walaupun sebenarnya suami tahu bahwa istrinya ingin dipeluk, namun dirinya tidak harus memutuskan untuk segera memeluknya.

"Aduh ga biasa banget nih, pagi pagi aku sudah kelaparan", ujar seorang suami. Ini juga contoh sebuah bids.

Melalui bids ini, secara eksplisit sang suami memberi tahu istri bahwa dia kelaparan. Pesan yang tidak diucapkan oleh suami adalah dia berharap disiapkan sarapan pagi. Jika  sang istri tidak sempat membuatkan sarapan, sang suami bisa maklum karena bentuknya bukan kalimat perintah.

Bagaimana Menggunakan Bids?

Ada beberapa catatan terkait dalam penggunaan bids, agar suami dan istri bisa saling nyaman dalam berkomunikasi.

  • Pilih bids yang menimbulkan ketertarikan pasangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan