Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nikmatnya Mandi Bersama Pasangan

8 Juni 2016   10:29 Diperbarui: 8 Juni 2016   10:44 7497 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nikmatnya Mandi Bersama Pasangan
love-jihad-reuters-57579099d07a618a0f080457.jpg

Ada sangat banyak aktivitas kemesraan dan romantisme antara suami dan istri, salah satunya adalah mandi berdua. Dilihat dari segi aktivitas, seakan-akan ini hanyalah sebuah ritual biasa, atau hal yang sederhana saja. Namun ternyata, mandi berdua adalah kegiatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw bersama istri beliau A’isyah Ra. Kita bisa mendapatkan banyak kisah, salah satunya adalah dari informasi berikut ini:

Aisyah r.a. berkata, “Pernah aku mandi bersama Rasulullah Saw. Kami menggunakan satu bejana. Bejana ini berada diantara aku dan beliau. Tangan kami saling berebut masuk ke dalam bejana” (HR. Bukhari dan Muslim).

Walaupun sekedar mandi berdua, namun ternyata kegiatan pasangan suami istri yang satu ini diyakini memiliki sangat banyak kemanfaatan yang positif. Para ahli kesehatan bahkan menyatankan, mandi bersama suami dan istri mempu menyembuhkan banyak penyakit. Hal ini karena otak terhubung dengan sentuhan fisik dari orang yang anda cintai, secara otomatis otak mengirimkan sinyal dan memberitahukan saraf untuk tenang. Dengan demikian, rasa sakit bisa reda dengan cepat.

Manfaat Mandi Bersama Pasangan

Berikut ini beberapa manfaat dari mandi bersama pasangan.

  • Periksa kesehatan tubuh menyeluruh

Pada saat mandi bersama suami istri, keduanya saling melihat sekujur tubuh pasangan secara utuh. Dengan demikian, secara tidak langsung suami dan istri bisa saling mengetahui adanya hal-hal yang tidak pada tempatnya atau tidak wajar pada tubub pasangan. Misalnya akan dapat mengetahui adanya tahi lalat di bagian tubuh tertentu yang sulit dilihat oleh diri sendiri, perubahan warna kulit, adanya bentuk yang tidak wajar,  dan lainnya.

  • Relaksasi untuk meredakan ketegangan pikiran

Pada masyarakat modern, stres adalah pemicu munculnya sangat banyak penyakit dan potensial mebahayakan kesehatan. Mandi bersama pasangan tercinta membuat suasana senang dan bahagia. Muncullah suasana relaksasi secara alami yang sangat bagus untuk tubuh. Berbagai ketegangan pikiran akan mudah sirna dan hilang tergantikan perasaan aman dan nyaman dalam jiwa.

Mandi bersama pasangan bisa membantu menenangkan saraf yang sedang tegang. Hal ini karena munculnya efek relaksasi yang menyenangkan. Dengan demikian, saraf akan tenang, dan ini berdampak bagus bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Merawat tubuh pasangan

Mandi bersama membuat anda bisa saling menggosok dan menyabuni bagian tertentu dari tubuh yang sulit dijangkau dengan tangan sendiri. Bagian kulit mati bisa dihilangkan dan kotoran di bagian tubuh dapat dibersihkan dengan sempurna. Sering mandi bersama pasangan membuat tubuh semakin terawat dengan baik.

  • Semakin saling mengerti

Mandi berdua dengan pasangan meningkatkan suasana saling mengerti di antara mereka. Keduanya bertelanjang, seakan-akan mengisyaratkan ungkapan : “Tidak ada yang aku sembunyikan darimu. Lihatlah semua sudah aku buka di depanmu. Apalagi yang kamu rahasiakan dariku”. Suami dan istri bisa melihat semua bagian, sampaipun yang selama ini dirahasiakan karena dianggap memalukan.

  • Menyehatkan jantung

Penyakit jantung semakin meningkat di zaman cyber saat ini. Ternyata, mandi bersama pasangan mampu menyehatkan jantung suami dan istri, sehingga bisa terhindar dari penyakit. Denyut jantung cenderung lebih cepat secara ritmis saat mandi bersama pasangan, ini bagus untuk melatih kekuatan jantung. Maka mandi bersama merupakan aktivitas sederhana yang sangat bermanfaat bagi jantung apabila sering-sering dilakukan.

  • Meredakan konflik ringan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN