Mohon tunggu...
Pakar Bigdata
Pakar Bigdata Mohon Tunggu... Test

Test

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kecerdasan Buatan dan Machine Learning

21 Oktober 2019   12:53 Diperbarui: 21 Oktober 2019   12:59 385 0 0 Mohon Tunggu...
Kecerdasan Buatan dan Machine Learning
Sumber gambar: Forbes

Artificial intelligence (AI) dan Machine learning merupakan dua kata kunci yang sangat populer saat ini, dan seringkali digunakan bergantian dalam berbagai konteks teknologi dan inovasi.

Machine learning dan Artificial intelligence bukanlah hal yang sama, dan persepsi yang memandang bahwa mereka adalah sama dapat menimbulkan kekeliruan. Ada beberapa perbedaan yang patut untuk dijelaskan.

Kedua istilah tersebut seringkali muncul ketika menyinggung topik Big Data, analitik, serta gelombang besar perubahan teknologi yang sedang menyapu dunia. Singkatnya, perbedaan antara dua teknologi ini adalah:

Artificial intelligence merupakan konsep yang lebih luas dari mesin yang mampu untuk menjalankan tugas-tugas dengan cara-cara yang dianggap "smart".

Sementara machine learning adalah pengaplikasian dari Artificial intelligence berdasarkan ide di mana mesin diberikan akses data sebanyak-banyaknya untuk mempelajari sendiri hal-hal yang harus dilakukan pada data-data tersebut.

Artificial intelligence telah ada sejak lama. Mitos-mitos Yunani memuat kisah-kisah pria mekanik yang dirancang untuk meniru perilaku kita sendiri. Komputer Eropa versi sangat awal dipahami sebagai "mesin logis" dan dengan mereproduksi kemampuan seperti aritmatika dasar dan memori, pada dasarnya, inovator melihat pekerjaan mereka sebagai upaya untuk menciptakan otak mekanik.

Ketika teknologi dan pemahaman kita tentang cara kerja pikiran manusia, telah berkembang, konsep tentang apa yang membentuk artificial intelligence telah berubah. Dibanding perhitungan yang semakin kompleks, bekerja di bidang artificial intelligence berfokus pada meniru proses pengambilan keputusan manusia dan melaksanakan tugas dengan cara yang lebih manusiawi.

Artificial intelligence merupakan hal yang dirancang untuk bertindak cerdas, seringkali diklasifikasikan ke dalam salah satu dari dua kelompok mendasar: terapan atau umum. AI terapan jauh lebih banyak, seperti sistem yang dirancang untuk memperdagangkan saham secara cerdas, atau manuver kendaraan otonom akan termasuk dalam kategori ini.

AI umum adalah sistem atau perangkat yang secara teori dapat menangani tugas apa pun lebih sedikit ditemukan, tetapi di sinilah beberapa kemajuan paling menarik terjadi saat ini. Hal ini juga merupakan area yang mengarah pada pengembangan Machine learning, yang sering disebut sebagai bagian dari AI.

Kebangkitan Machine learning

Ada dua terobosan penting yang menyebabkan munculnya Machine learning sebagai pendorong perkembangan Artificial intelligence dengan kecepatan yang ada saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x