Mohon tunggu...
Sahyul Pahmi
Sahyul Pahmi Mohon Tunggu... Penyair

Hanya Seseorang yang Ingin Menjadi Kenangan

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tipe Karir yang Membahagiakan Itu Seperti Apa Sih?

13 Juni 2019   14:23 Diperbarui: 13 Juni 2019   15:10 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tipe Karir yang Membahagiakan Itu Seperti Apa Sih?
sumber ilustrasi: timesindonesia.co.id

Cowok: Tipe karir yang membahagiakan itu seperti apa sih?

Cewek: yang jelas baik hati, ganteng, dan selalu saying sama aku?

Cowok: Kariiir bucin, kariiiir? Bukan tipe cowok #haha

Intro tulisanku nggak klise kan hehe

Tipe. Tentu selalu berbicara tentang model, bentuk, struktur. Sedangkan bahagia, tentu hal inilah yang sangat sulit dibahasakan, sebab bahagia bukan tentang kata-kata tapi soal rasa.

Jadi, dari pengertian yang sederhananya, tipe karir yang membahagiakan itu adalah suatu model, bentuk, struktur pekerjaan yang mampu membahagiakan rasa di dalam hati.

Contohnya: saya, penulis puisi yang sudah 3 (tiga) tahun di Kompasiana menulis puisi dan Alhamdulillah saya bahagia padahal sering juga berangan-angan dapat k-rwards tiap bulan hahah.

Di sini, saya tidak mengambil sampel argumentasi dari pekerja kantoran atau orang-orang hebat yang berdasi, tapi saya ingin memberi tinjauan dari kebahagiaan karir seorang nelayan.

Ya.. nelayan, yang bagi saya adalah pahlawan-pahlawan lautan, demi keluarga yang rela menepis ombak yang terjang, tanpa kenal lelah malam ataupun siang, sebab anak-anaknya di rumah mereka menunggu untuk membayar iuran pembangunan, sebab hari ini anaknya telah ulangan.

Benarkah ia bahagia?

Bagi saya sangat bahagia, sebab mereka para nelayan bekerja keras menghidupi keluargannya, dengan tulus ikhlas dan setia, walau kadang harga ikan tak tentu arah. Bagi mereka bekerja adalah rotasi dari kumpulan usaha yang tulus dari hati.

Letak bahagianya di mana?

Senyum mereka dan lelah yang mereka tutupi, sangat jelas menjadi bukti.

sumber ilustrasi: twgram.me
sumber ilustrasi: twgram.me
Salam Kompasiana

Sahyul Pahmi