Mohon tunggu...
Putu Rustika
Putu Rustika Mohon Tunggu... Membaca, menggambar, menulis, ...

Kera Ngalam

Selanjutnya

Tutup

Balap

Seandainya Karel Abraham Memilih Jadi Manajer Team

26 Desember 2019   21:52 Diperbarui: 26 Desember 2019   22:03 9 0 0 Mohon Tunggu...
Seandainya Karel Abraham Memilih Jadi Manajer Team
Foto Karel Abraham - 2010

Karel Abraham memutuskan mundur dari MotoGP saat mengetahui posisinya di team Reale Avintia Racing diganti oleh Johan Zarco. Nah, rumor terbaru, Abraham masuk nominasi sebagai pembalap pengganti Andrea Iannone/Aprillia bila Iannone terbukti doping dan diskors. 

Sayang sekali bila Aprillia memutuskan Abraham sebagai pembalap pengganti. Apa yang diharapkan ? Sekian tahun membalap di MotoGP dan kelas lain, Abraham belum pernah meraih prestasi bagus selain pernah menjadi juara seri Moto2, 1 sekali, tahun 2010 dan meraih podium, 2 kali, di tahun yang sama. 

Bagi Karel Abraham, lebih baik dia mencoba beralih menjadi manajer pembalap atau menjadi manajer team. Dia ada modal untuk itu. Modal pertama adalah kesempatan. Saat ini dia lagi menganggur. Modal kedua adalah dana. Untuk pendanaan dia bisa berkolaborasi dengan bapaknya yang merupakan pemilik sirkuit Brno, Ceko. Modal ketiga adalah talenta. 

Karel Abraham memiliki latar belakang pendidikan jurusan Hukum/ lulus sebagai Sarjana Hukum pada tahun 2012. Pendidikan yang cocok untuk mengolah kontrak pembalap, sponsor dan sebagainya. Modal keempat adalah pengalaman. Pengalaman sebagai pembalap mulai tahun 2005/kelas 125cc, tanpa putus sampai dengan tahun 2018, semestinya membuat dia paham tentang kerja team, mengenal banyak teknisi dan personal pendukung team lainnya.

Intinya banyak koneksilah. Nah, seandainya dia benar menjadi manajer team balap, team balap mana yang dia pilih ? Kelas yang dipilih sebaiknya kelas Moto3. Ini mencontoh Max Biaggi. Atau pilih kelas Supersport nya WSBK ? Ndak lah. Meskipun Karel Abraham pernah membalap untuk team Aprillia Milwaukee di Superbike 2016 , tapi koneksinya tidak banyak di ajang tersebut. Balik ke pilihan Moto3, Abraham bisa bekerjasama dengan team yang sudah ada. 

Dia bisa pilih antara lain adalah team Bester Capital Dubai yang dipertengahan musim 2019/GP Aragon, berganti nama menjadi team World Wide Race. Team tersebut cerai dengan sponsor utama Bester Capital Dubai karena sokongan dana yang tersendat. Untung mereka segera mendapatkan sponsor baru, Mugen Race, produk apparel bikers dari Hungaria. Pas, kan ! Sponsor utama dari Eropa Timur, manajer team dari Eropa Timur juga, yaitu Ceko/Abraham. 

Pembalapnya ? Sayang sekali 2 pembalap Ceko, Jakub Konrfeil/26th dan Filip Salac/19th sudah terikat kontrak dengan team lain dan di entry list Moto3 2020 yang diumumkan oleh FIM/Dorna,  nama team World Wide Race tidak tercantum. Mugen Race sendiri terdaftar sebagai sponsor utama team BOE Skull Rider Mugen Race.  Kita tunggu updatenya...

Foto Andrea Migno - 2019
Foto Andrea Migno - 2019
Foto Andrea Migno - 2019
Foto Andrea Migno - 2019

VIDEO PILIHAN