Mohon tunggu...
Putu Rustika
Putu Rustika Mohon Tunggu... Insinyur - Membaca, menggambar, menulis, ...

Kera Ngalam

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Lho Prototype GP2 Tidak Memakai Mesin Triumph 765?

22 Oktober 2018   23:50 Diperbarui: 22 Oktober 2018   23:53 1395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com

Halo..semoga pembaca kompasiana sehat selalu. Tahun depan, kejuaraaan dunia Moto2 akan memakai mesin baru, Triumph 3 silinder 765cc. Mesin baru 2018. Mesin terbatas sehingga wildcard pun ditiadakan tahun depan dgn alasan suplai mesin Triumph tersebut. Beda dengan mesin Honda CBR600RR yang dipakai sebelumnya.

Mesin tersebut mulai diproduksi tahun 2003 dan digunakan untuk balap Moto2 di tahun 2010. Suplai mesin dan part racing tidak ada masalah, apalagi pabrikan Honda merupakan produsen besar. Jauh lebih besar dari Triumph. Bagaimana dengan aturan mesin untuk kejuaraan Moto2 tingkat nasional/regional seperti FIM CEV Moto2/European Moto2 Championship di Spanyol dan BSB GP2 di Inggris?

Untuk tahun 2019, dipastikan kedua kejuaraan tersebut masih tetap memakai mesin Honda CBR600RR. Chassis dan mesin CBR600RR ex World Championship Moto2 versi 2 tahun terakhir bakal banyak dipakai oleh pesertanya.

Untuk tahun 2010, kemungkinan aturan mesin disamakan memakai mesin Triumph juga masih belum diputuskan. Nah, beberapa waktu yang lalu muncul prototype motor GP2 buatan Kramer Motorcyles. Kramer adalah sebuah perusahaan pembuat chassis/komponen motor balap dari Jerman. Prototype tersebut memakai mesin 2 silinder KTM 790 Duke!! Berikut tampang motor tersebut:

Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com
Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com
Di atas kertas, perbandingan singkat antara mesin Triumph 765 3 silinder vs KTM Duke 790 2 silinder adalah  sebagai berikut 

Kubikasi = 765 cc vs 799 cc

Power = 112 bhp @11250 rpm vs 105 bhp @8500 rpm

Torsi = 73 Nm @9100 rpm vs 86.2 Nm

Foto mesin Triump 765 2018 :

Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com
Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com
Foto mesin KTM Duke 790 2018 :

Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com
Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com
Sebagai kejuaraan tingkat Nasional, BSB GP2 semestinya cenderung memakai mesin Triumph. Kita tunggu saja. 

Foto diambil dari website www.mcnews.com.au, www.motogp.com dan kraemer-motorcycles.com

       

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun