Mohon tunggu...
Ozy V. Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Guru, Blogger

Seorang Guru. Ingin menebar kebaikan kepada seluruh alam. Singgah ke: www.gurupenyemangat.com

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Yuk, Kita Berkenalan dengan 5 Bacaan "Spesial" dalam Al-Quran Berikut Ini!

8 Mei 2021   21:22 Diperbarui: 8 Mei 2021   21:32 159 14 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Kita Berkenalan dengan 5 Bacaan "Spesial" dalam Al-Quran Berikut Ini!
Tanda dan Bacaan Spesial dalam Quran. Dok. Ozy V. Alandika

Bismillah... Hai, para pembaca sekalian. Bagaimana kabarmu pada bulan Ramadan hari ini? Sudah berapa kali khatam Al-Quran?

Haaah? 10 kali? MasyaAllah wal hamdulillah, mantap! Teruskan, lanjutkan, gaspool.

Sebagaimana yang kita ketahui, Al-Quran adalah pedoman sekaligus petunjuk bagi umat manusia. Kita sebagai hamba diperintahkan untuk senantiasa membaca Quran dengan tartil sembari mendalaminya, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa? Karena Al-Quran adalah sebaik-baiknya sahabat, setulus-tulusnya teman yang tiada bakal pernah ingkar janji. Al-Quran bakal menolong siapa pun yang menjadikannya sebagai sahabat.

Jadi, alangkah baiknya bagi kita untuk terus membaca Quran, mengajarkan Quran, hingga mengamalkannya. Membaca Quran tidak cukup hanya sampai khatam melainkan senantiasa diulang-ulang agar hati kita bersih ibarat keranjang kotor yang terus dibilas dengan air.

O ya, berbicara tentang Al-Quran, sudahkah kamu berkenalan dengan Saktah, Isymam, Imalah, Tashil, dan Naql?

Wah? Apa itu? Jika sudah kenal, maka Alhamdulillah. Jika belum? Maka juga Alhamdulillah. Saya bersyukur karena kamu tertarik untuk membaca artikel ini dengan niat mencari tahu sekaligus belajar.

Ya, kelima istilah yang kusebutkan tadi adalah bacaan khusus alias bacaan spesial dalam Al-Quran. Mengapa kukatakan spesial?

Selain karena jumlah tandanya yang terbatas, ada juga bacaan yang hanya ada satu-satunya dalam Al-Quran. Kamu penasaran? Sama! Oke, kita lirik satu demi satu, ya. Nah, jangan lupa baca bismillah terlebih dahulu:

Pertama, Saktah

Saktah. Dok. Ozy V. Alandika
Saktah. Dok. Ozy V. Alandika

Apakah yang dimaksud dengan saktah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN