Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pencinta Tilawah

Seorang pemuda sederhana yang sedang mengabdi sebagai guru SD di Kepahiang. Saat ini masih menetap di Kota Curup (Bengkulu). Asli Tun Jang (Suku Rejang). Selalu menanam harapan walau kemarau panjang. Singgah ke: www.ozyalandika.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Andai Ada Guru Baru di Sekolah, Siswa Mau yang seperti Apa?

26 Maret 2020   20:23 Diperbarui: 26 Maret 2020   20:30 167 36 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Andai Ada Guru Baru di Sekolah, Siswa Mau yang seperti Apa?
Guru viral melalui video gantengnya kelewatan. Tribunnews.com

"Ganteng, Cantik, Baik, Asik, Pengertian, Tidak Suka Marah-marah, Rajin Menabung, Cerdas, Humoris...." Sudah Cukup, kah?

Kadang-kadang saat sekolah, ada sedikit rasa bosan yang terbesit di benak para siswa. Rasanya berhari-hari sekolah, guru yang ditemui hanya itu-itu saja. Sesekali ada guru baru yang datang, eh ternyata mereka hanyalah guru praktik dan hanya singgah selama 3 bulan. Yah, bosan lagi!

Sesekali lagi, ada pula guru baru yang datang. Tapi sayangnya, guru itu sudah senior dan datang ke sekolah akibat mutasi. Setelah diajar beberapa kali, ternyata? Sama saja, bosan lagi.

Coba ada guru yang pas gitu. Guru baru yang sesuai dengan kriteria siswa!

Jika kita sama-sama ingin berbicara tentang kriteria seorang guru yang pas untuk mengajar di kelas, rasanya butuh beberapa hari diskusi barulah bisa mendapat kesimpulan yang auntentik.

Kepala sekolah maunya guru itu seperti ini, wali murid inginnya guru ini yang seperti itu, dan siswa berharapnya guru itu yang seperti itu. Ada ini, ada itu. Cukup membingungkan, bukan? Hohoho

Karena hari ini kita sudah memasuki era Merdeka Belajar, maka tidak ada salahnya sesekali melihat kriteria guru baru berdasarkan kesukaan para siswa.

Terang saja, yang sekolah adalah siswa, pusat pembelajaran adalah siswa, dan yang mesti dihajar adalah siswa. Eh, maksudnya diajar, itu tadi ada typo sedikit. Hihihi

Nah, sekarang maunya siswa dapat guru baru yang seperti apa? Mau guru baru yang ganteng dan cantik?

Eits. Kalau nanti ada guru baru yang ganteng dan cantik, jangan-jangan siswa malah sibuk cari perhatian di kelas. Bawaannya, mau nanya-nanya dan didatangi terus oleh guru. Terus, kalau bel istirahat sudah berbunyi, langsung deh foto-foto dengan guru tadi!

Tapi memang, nuansa kelas saat diajar oleh guru yang ganteng dan cantik itu benar-benar ajaib. Ngantuk, hilang. Lapar, tertahankan. Materi pelajaran, masuk semua ke otak. Duh, senangnya.

Atau mau tambah kriteria? Baiklah, guru yang asyik dan kekinian. Tapi.... kekinian yang bagaimana dulu?

Kalau kekinian yang berarti guru nyambung saat cerita isu dan fakta-fakta terbaru hari ini, okelah. Tapi, kalau kekiniannya seperti guru yang lebih suka ikut rapat daripada masuk kelas, atau lebih suka cerita tidak keruan untuk menghabiskan jam pelajaran, maka lebih baik jangan.

Apalagi jika gurunya suka memberikan kunci jawaban saat siswa sedang ujian. Bahaya! Kalau siswa mau cari kunci jawaban, pergi saja ke tukang kunci. Hahaha

Terang saja, jika hal-hal nyeleneh seperti ini yang ingin siswa jadikan kriteria guru yang mereka suka, maka siap-siaplah siswa kena marah. Beribu tantangan dan kesulitan yang guru hadapkan kepada siswa, semua semata agar siswa bisa "naik kelas".

Mau tambah kriteria lagi? Baiklah, bagaimana dengan guru yang humoris dan santai dalam mengajar. Barangkali siswa suka, bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN