Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pecinta Tilawah

Selalu menanam harapan walau kemarau panjang.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Begini Sibuknya Buka "Jastip" Daftar Tes CPNS

20 Oktober 2019   22:40 Diperbarui: 21 Oktober 2019   10:06 0 39 21 Mohon Tunggu...
Begini Sibuknya Buka "Jastip" Daftar Tes CPNS
Ilustrasi scan dokumen. (Sumber: malesbanget.com)

Upps, Bukan Calo atau oknum penipuan loh ya...Hehe

Mendaftar secara online bukanlah perkara mudah bagi banyak orang, apalagi bagi mereka yang masuk dalam kategori masyarakat pra-milenial. Bukan semata-mata mau menyimpulkan bahwa mereka gagap teknologi, tetapi perkara online beberapa kali malah menyusahkan.

Banyak masyarakat tentu ingin memacu diri untuk mendalami dan belajar tentang teknologi dan informasi online terkini. Prosesnya agak lebih lambat daripada anak-anak, tapi itulah perjuangan. Masih lebih baik dibandingkan mereka yang pasrah.

Begitu pula dengan situasi tes CPNS 2018 kemarin. Terang saja, tes berbasis CAT (Computer Assisted Tes) yang dinaungi oleh BKN ini memiliki prosedur pendaftaran yang panjang. Dengan banyaknya syarat administrasi yang harus dikirim via portal online, tak heran telah memusingkan banyak orang.

Sudah pusing, panik, kepikiran pula. Terlebih lagi bagi calon pendaftar yang belum lama menikah, mereka harus cek nomor KK terlebih dahulu. Jika belum terdaftar di Dukcapil, maka tak ada harapan untuk bisa daftar tes CPNS.

Padahal, BKN sendiri sudah menyediakan secara lengkap tentang tutorial yang bisa didownload secara gratis. Namun apalah daya calon pendaftar yang begitu sakit matanya ketika lihat yang namanya akun, website, scan, dan hal-hal berbau IT lainnya.

Ditambah lagi, pada alur tes CPNS 2018 kemarin peserta harus mengupload swafoto. Bingungnya bukan kepalang. Apa itu swafoto? Terang saja, yang kebanyakan orang tahu adalah pas-foto, atau foto selfie. Setelah bertanya kesana-kemari, ternyata swafoto tidak jauh berbeda dengan pas-foto.

Awalnya Hanya Membantu
Saya yang tahun kemarin juga ikut seleksi CPNS pun mencoba memahami langkah-langkah yang diberikan BKN dan berusaha mendaftar sendiri. Selama 2-3 hari membaca dan menjelajah Mbah Google, akhirnya saya paham dan segera mendaftar.

Namun keinginan mendaftar cepat itu malah terhambat karena portal pendaftaran CPNS (waktu itu sscn.bkn.go.id, tahun ini sscasn.go.id) down. Wajar saja, peminat tes begitu banyak, jadi pengunjung portal begitu membludak.

Gara-gara portal down, para pendaftar makin heboh dan panik. Mulai ada pesimisme bahwa mereka sepertinya tidak bisa mendaftar di tahun itu. Meski demikian, BKN begitu sigap dan segera memperbaiki, mengupgrade, dan mengupdate sistem portal sehingga kembali normal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3