Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pecinta Tilawah

Selalu menanam harapan walau kemarau panjang.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Menyanyi Sambil Muntah: Haruskah Sampai Segitunya Berkomedi?

8 Oktober 2019   20:54 Diperbarui: 8 Oktober 2019   20:56 0 18 10 Mohon Tunggu...
Menyanyi Sambil Muntah: Haruskah Sampai Segitunya Berkomedi?
Komedian Arif menyanyi sambil muntah. (Tangkapan layar Youtube.com )

Berawal dari lagu Mawang berjudul "Kasih Sayang Kepada Orang Tua" yang viral di Youtube beberapa waktu yang lalu, Arif Alfiansyah bersama Pras Teguh kemudian membuat lagu balasan kepada Mawang dengan judul "Orang Tua Gak Sesayang Itu".

Komedian yang terkenal sejak mengikuti kompetisi Stand Up Comedy (SUCI 4) Kompas TV tahun 2014 ini mengaku bahwa sebelumnya ia mendapat banyak komentar dan mention dari para fans untuk membuat cover lagu Mawang.

Terang saja, lagu Mawang yang hingga saat ini telah ditonton lebih dari 16 juta orang terdengar begitu nyentrik. Jadi segi judul memang bagus, dan mungkin akan menimbulkan kesan pertama yang menyentuh jika terbaca oleh seseorang.

Bahkan, diawal-awal lagu Mawang berprolog tentang besarnya kasih sayang kepada orang tua. Dengan alunan gitar yang merdu, Mawang mengajak pendengar untuk berdoa supaya bisa meluapkan isi hati kasih sayang kepada orang tua.

Tapi, memasuki menit 1.39 dari lagu Mawang,  semua kesan seakan berubah. Awalnya dikira lagu ini sedih, namun ternyata lirik-lirik dan vokal amburadul yang terdengar. Sepintas jika kita dengar, liriknya hanya seputar "nu hil na hil nu" yang dipadukan dengan suara parau.

Dan setiap akhir kata, Mawang menambahkan ekspresi dan suara layaknya orang yang mau muntah. Menjelang akhir lagu, terlihat teriakan dengan suara yang pecah dan sumbang. Tidak enak didengar, terlihat jijik, dan seakan mengajak orang untuk muntah. Meski demikian, Mawang sendiri saat menyanyikannya tidak sampai muntah-muntah.

Lagu Balasan dari Arif Feat Praz Teguh
Dua minggu setelah lagu Mawang muncul di Youtube, Arif dan Praz Teguh kemudian membuat lagu balasan berjudul "Orang Tua Gak Sesayang Itu". Tepatnya pada 12 September 2019 kemarin, Arif bertindak sebagai vokalis dan Pras menjadi gitarisnya.

Video yang sudah ditonton lebih dari 3,5 juta penonton ini sekilas tidak ada bedanya dengan lagu Mawang yang sudah viral pada edisi sebelumnya. Liriknya juga hanya sekadar "di du da du da" dan sama-sama diiringi dengan suara parau layaknya orang yang mau muntah.

Dan pada menit 4.26, Arif benar-benar muntah. Uniknya, ia menampung sendiri hasil muntahan itu dengan kedua tangannya. Dan gilanya, sembari menampung muntahan itu Arif terus bernyanyi. Kali ini, gantian Pras Teguh yang bersuara mau muntah. Setelah selesai, Pras yang mungkin sudah mual melihat muntahan Arif segera meletakkan gitar dan pergi.

Haruskah Sebegitunya Berkomedi?
Berselang dua minggu kemudian, tepatnya pada tanggal 23 September 2019 kemarin, Arif membeberkan rahasia kenapa muntah di balasan lagu mawang bareng Praz Teguh melalui video di akun Youtube-nya.

Diawal-awal video, Arif menyampaikan pendapatnya tentang mengapa lagu "muntah"nya itu begitu viral. Menurutnya, dari sudut pandang komedi mereka sangat menikmati lagu Mawang  yang dinilai sangat pecah. Dengan awalan premis yang cukup panjang, Mawang dinilai memberikan patahan punchline yang sangat pas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x