Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pecinta Tilawah

Selalu menanam harapan walau kemarau panjang.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Ngomel di Medsos, Caper atau Caker?

15 Agustus 2019   20:47 Diperbarui: 15 Agustus 2019   23:12 0 8 1 Mohon Tunggu...
Ngomel di Medsos, Caper atau Caker?
Ilustrasi Ngomel di Medsos. (Gambar hasil olahan penulis )

"Pesona digital sekarang penuh dengan  hiasan omelan di berbagai Medsos. Entah mereka sedang Cari Perhatian atau memang sengaja mau Cari Keributan."

Hari ini, Medsos menjadi kebutuhan setiap orang. Bahkan karena sangat "membutuhkan" Medsos, kebutuhan primer menjadi terpinggirkan. Misalkan dengan menunda makan untuk pergi ke konter pulsa, menunda tidur hanya untuk sekedar lihat snap/story orang, hingga tahan tidak pulang ke rumah hanya untuk cari background dan destinasi foto agar bisa update status dan ganti DP/profil di Medsos.

Oleh sebab itu, smartphone sebagai media utama Medsos selalu tersedia di kantong tiap orang. Uppps, jangan katakan tidak, bukan saya, atau malahan menuduh orang lain ya! hehe. Bahkan charger dan powerbank pun ikut dibawa. Takut nanti tiba-tiba baterai Low dan tidak bisa melihat tulisan "sedang aktif" orang lagi.

Saat tidurpun demikian, tidak bisa jauh dari Medsos. Buktinya, banyak dari kita yang menyelipkan HP dibawah bantal maupun didekat kepala. Alasannya biar alarm terdengar, biar cepat membalas chat teman, atau biar mudah jadi alat penerang saat mati lampu. Sungguh, itulah namanya cari-cari alasan. Padahal dahulunya, dibawah bantal biasanya diselipkan buku pelajaran, atau surat cinta dari seseorang. Surat cinta? Eaaaa.

Caper: Cari Perhatian di Medsos

Semakin dekat kita dengan Medsos maka semakin panjanglah masa "online" kita di dunia maya ini. Bisa 5 jam, 10 jam, 20 jam, bahkan hampir setiap saat "online". Kewajiban tidur hanya dijadikan selingan saja. Setiap kali kita ingin tidur dan kemudian menatap HP, rasa kantuk akan hilang seketika. Akhirnya? Ya, pastinya buat snap/story "tidak bisa tidur", "insomnia", "kesepian", "butuh teman curhat, chat", dan sejenisnya. Padahal tidur itu hanya tinggal memejamkan mata, gampang kan?

Seringnya buat snap/story akan mengundang kebahagiaan tersendiri. Apalagi jika sudah "di lihat" ratusan orang, di komentari "positif", atau mendapat hingga ribuan like dan comment. Karena sudah merasa sangat "dekat" dengan Medsos, akhirnya banyak dari kita yang mengumbar kehidupan pribadi, bahkan setiap saat.

Mulai dari aktivitas rumah, pekerjaan, hingga opini dan umpatan pun ikut terposting. Memang, sebagian dari kita adapula yang memanfaatkan Medsos sebagai lahan jualan dan testimoni produk. Tapi lagi-lagi lebih banyak postingan kehidupan, kegiatan sehari-hari dan fenomena "perasaan", daripada jualan.

Ini agaknya adalah bentuk dari "Cari Perhatian" di Medsos. Terang saja, dengan membuat snap/story dan mendapat banyak tanggapan publik, kita akan sedikit "sibuk" dengan HP. Makanya, pada setiap waktu luang banyak dari kita yang mengutak-atik HP walau sesaat, walau hanya cek story sendiri maupun update story teman. Ya, mungkin cara untuk mengusik kesepian karena tidak mendapat perhatian.

Caker: Cari Keributan di Medsos

Opini di Medsos sungguh banyak dan berserakan setiap detiknya. Coba saja kita periksa dan usap lama Facebook setiap 1 menit saja. Di Beranda Facebook akan muncul banyak story/snap baru dari teman maya kita. mulai dari status percintaan, gombalan, berbagi kenangan, foto-foto editing, serta aktivitas siaran langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x