Mohon tunggu...
Bang Oyot
Bang Oyot Mohon Tunggu...

Blogger

Selanjutnya

Tutup

Digital

Babak Baru Persaingan Prosesor

27 Agustus 2011   14:35 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:25 631 0 2 Mohon Tunggu...



Dual antara INTEL dan AMD tampaknya tak akan pernah selesai. Ketika INTEL mengungkap kehadiran prosesor terbaru mereka, Sandy Bridge pada ajang INTEL Developer Forum (IDF) 2010 silam, AMD turut sesumbar memperkenalkan Fusion Llano pada ajang Technology Forum and Exhibition (TFE) 2010. Dan pada ajang Consumer Electronics Shows (CES) 2011 lalu, keduanya saling memamerkan kekuatan barunya di tahun ini. Apa yang sebenarnya ingin mereka tunjukkan kepada dunia?

Bila melihat dari sejarahnya, INTEL dan AMD saling kejar-mengejar ketinggalannya di berbagai bidang mulai dari teknologi hingga pemasarannya. Sejak INTEL memulai debutannya sebagai produsen prosesor x86 di era 80′an, AMD seperti tak mau ketinggalan untuk memasarkan prosesor yang memiliki kemampuan Athlon atau nama K-family (K-7, Duron dan Sempron). Belum lama ini, mulai diperkenalkan teknologi prosesor terbaru yang masuk ke dalam kategori prosesor fusion. Apa sebenarnya prosesor fusion itu? Sesuai namanya, fusion processor merupakan sebuah prosesor yang mengintegrasikan komponen gratis didalamnya. INTEL adalah vendor prosesor pertama yang menggunakan teknologi ini, serta memperkenalkannya ke dalam keluarga Nehalem dan Westmere. AMD tak mau tinggal diam, dan memperkenalkan seri prosesor fusion yang menggabungkan kekuatan AMD dengan ATI. Akhirnya di tahun 2010, AMD memperkenalkan keluarga prosesor Fusion (Ontario, dan Zacate) yang disebut juga sebagai generasi Accelerated Processing Unit (APU). APU merepresentasikan kecepatan prosesor yang memiliki kemampuan tinggi dalam mengolah data dengan cepat bila dibandingkan prosesor biasa.

Pertarungan belum selesai, karena di tahun 2010 INTEL baru saja memperkenalkan prosesor generasi terbarunya setelah Nehalem dan Westmere, dengan mengeluarkan Sandy Bridge. Ini adalah prosesor fusion berukuran 32nm yang memiliki teknologi terbaru dengan kemampuan lebih baik dari seri sebelumnya. Persaingan semakin ramai, ketika AMD mengeluarkan prosesor terbaru yang diberi nama Llano. Prosesor ini berukuran 32 nm dengan kecepatan komputasi sekitar 30 GigaFLOPS. Menarik sekali, bukan?

Kedua prosesor tersebut, akan siap ‘mewarnai’ dunia komputer di kuartal I tahun 2011 ini. Jadi, tentukan pilihan Anda mulai dari sekarang. Apakah itu INTEL atau AMD? Satu hal yang pasti, sesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

Source : Babak Baru Persaingan Prosesor

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x