Mohon tunggu...
Ovin Chandra
Ovin Chandra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

I like copywriting because I can convey a message without having to make a sound

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Fenomena Hype dalam Industri Musik, Bagaimana Lagu-lagu Menjadi Hits?

14 Juni 2024   19:22 Diperbarui: 14 Juni 2024   22:59 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Industri musik selalu dinamis dan penuh kejutan. Salah satu fenomena yang menarik adalah bagaimana sebuah lagu bisa tiba-tiba menjadi hits dan mendominasi tangga lagu. Fenomena ini sering kali disebut sebagai "hype". Artikel ini akan mengulas bagaimana hype terbentuk dalam industri musik dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sebuah lagu menjadi hits. Kita cek lebih lengkap yuk! Untuk faktor-faktornya ada apa aja sih emangnya?

Lagu Catchy dengan Hook yang Menggoda


Lagu dengan hook yang kuat dan mudah diingat cenderung lebih sukses. Melodi yang catchy dan lirik yang mudah diingat akan terus terngiang di kepala pendengar, membuat mereka ingin mendengarkannya berulang kali. Misalnya, "Drunk Text" oleh Henry Moodie, dengan hook yang sederhana namun sangat mengena.

Platform Digital dan Media Sosial


Media sosial memainkan peran besar dalam menciptakan hype. Platform seperti TikTok, Instagram, dan Twitter memungkinkan pengguna untuk berbagi lagu dengan cepat dan luas. Lagu-lagu yang digunakan dalam tantangan atau meme sering kali mengalami peningkatan popularitas yang cepat. Misalnya, lagu "Old Town Road" oleh Lil Nas X yang viral melalui TikTok dan menjadi salah satu hits terbesar tahun 2019.

Playlist dan Streaming

Spotify/dokpri
Spotify/dokpri

Platform streaming seperti Spotify dan Apple Music memiliki playlist kurator yang sangat berpengaruh. Lagu yang masuk ke dalam playlist populer seperti "Today's Top Hits" atau "New Music Friday" memiliki peluang besar untuk didengar oleh jutaan orang, meningkatkan kemungkinan menjadi hits.

Kolaborasi dengan Artis Terkenal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun