Mohon tunggu...
Ouda Saija
Ouda Saija Mohon Tunggu... Seniman

A street photographer is a hitman on a run.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

[Street Photography] Mencari Miss Saigon

8 September 2019   13:48 Diperbarui: 8 September 2019   17:44 0 5 3 Mohon Tunggu...
[Street Photography] Mencari Miss Saigon
Bukan Miss Saigon (dok pri)

Miss Saigon adalah sebuah drama musical yang mengisahkan hubungan asmara yang tragis antara seorang gadis Saigon dan tentara Amerika pada akhir perang Vietnam

Untuk kita yang pada tahun 1980-an sudah membaca koran, mendengarkan radio atau menonton TV kita akan menumukan bahwa kata 'Vietnam' selalu berpasangan dengan kata 'perang' atau 'pengungsi'. Bagi sebagian besar kita generasi 80-an, kata Vietnam adalah kata yang berkonotasi kesedihan.

Hunting di pesawat (dok pri)
Hunting di pesawat (dok pri)
Drama musical Miss Saigon adalah sebuah kisah cinta yang dipisahkan oleh perang. Kisah cinta beda bangsa yang berakhir perpisahan. Derita dalam kisah-kisah perpisahan akibat perang selalu diderita oleh wanita yang ditinggalkan dan anaknya. 

Pada kenyataan sejarah perang Vietnam berakhir pada tahun 1976-an dengan kekalahan Amerika. Sesudah itu pihak yang kalah harus meninggalkan tanah airnya menjadi pengungsi. Indonesia pada waktu itu menyediakan pulau Galang, sebuah pulau di dekat Batam untuk menjadi tempat pengungsian sebelum para pengungsi itu bermigrasi ke Negara yang mau menerima.

Hunting di hotel saat makan pagi (dok pri)
Hunting di hotel saat makan pagi (dok pri)
Saya kira dengan berakhirnya perang Vietnam tidak akan ada perang di dunia. Berpendapat bahwa tidak akan ada perang di dunia mungkin sebuah pendapat yang naif. Kenyataannya perang hanya berpindah-pindah. 

Sesudah perang Vietnam tahun 1970-an mulailah perang Afgan pada tahun 1980-an. Sesudah perang Afgan mereda, mulailah perang teluk pada tahun 1990-an. Masalah teluk belum sepenuhnya pulih, di Suriah pecah konflik bersenjata. Gelombang pengungsian kembali terjadi seperti kala perang Vietnam.

Lensa 90mm cocok untuk menangkap ekspresi (dok pri)
Lensa 90mm cocok untuk menangkap ekspresi (dok pri)
Kalau bagi generasi 80an kata Vietnam bermakna peperangan dan kesedihan, rupanya bagi generasi melenial Vietnam lebih bermakna positif. Vietnam menjadi salah satu destinasi wisata yang terjangkau yang menawarkan eksotisme dan keindahan alam. 

Kekejaman perang yang terjadi 40-an tahun yang lalu sepertinya sudah terhapus dari ingatan umum. Mungin saja orang-orang yang kita temui di jalanan adalah salah satu penyintas kekejaman perang itu.

Generasi yang mengalami perang (dok pri)
Generasi yang mengalami perang (dok pri)
Ketika saya punya kesempatan hunting di jalanan kota Saigon yang sekarang telah berubah nama menjadi Ho Chi Minh, saya berburu wajah-wajah di jalanan. 

Saya ingin sekadar menangkap raut wajah dan mencoba mengerti apakah masih ada raut kegetiran perang. Perburuan saya mulai dari dalam pesawat, di hotel, lalu di jalanan dan pasar.

Ekspresi wanita di pasar An Dong (dok pri)
Ekspresi wanita di pasar An Dong (dok pri)
Biasanya, dalam street photography lensa yang dipakai adalah lensa 23mm atau 35mm. Alasan lensa lensa tersebut populer adalah karena lensa itu cukup lebar shingga bisa menangkap tokoh manusia dalam frame beserta lingkungannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x