Mohon tunggu...
OtnasusidE
OtnasusidE Mohon Tunggu... Petani - Petani

Menyenangi Politik, Kebijakan Publik dan Kesehatan Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Hanya 1.500 Rupiah Bisa Mencegah Anak Cacat Tulang Belakang

8 Desember 2021   12:08 Diperbarui: 8 Desember 2021   13:00 143 19 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: youtube.com/watch?v=lkgll_rKIAw

Membaca judul opini ini seperti membaca iklan bombastis. Sebenarnya tidak sama sekali. Ini betul adanya. Harga folic acid generik sekitar 1500 (seribu lima ratus) rupiah per strip isi sepuluh, 1 mg per tablet. Inilah yang bisa menghindari cacat tulang belakang bayi sejak sebelum pembuahan sampai masa pertumbuhan di kandungan.

Belasan tahun lalu, penulis pernah disuruh membeli folic acid oleh istri sebelum dan setelah dinyatakan hamil. Mungkin perjuangan untuk mendapatkan anak butuh usaha keras baik fisik maupun psikis serta tekanan lingkungan sosial termasuk keluarga maka apapun perintah istri diikuti.

Tidak pernah bertanya untuk apa? Kegunaan, efek samping dan lain sebagainya. Pokoknya beli folic acid, dicari dan dibeli di apotik.
Mengapa jadi penghamba karena trenyuh melihat istri sebelum hamil harus ini itu, makan ini itu, terapi ini itu, minum obat ini itu. Belum lagi sebelumnya pernah keguguran. Itulah yang membuat penulis terus bersemangat walau ibarat meteran listrik sudah berbunyi dan lampu berkedip merah minta token.

Bersyukur sukses jebul dititipi tiga anak. Satu dengan derai air mata dan depresi berat harus digugurkan. Sang buah hati sudah meninggal dalam kandungan. Tiga bulan mengurung diri di kontrakan dan keluar bisa dihitung dengan jari.

Kembali ke cacat tulang belakang atau spina bifida yang jarang menjadi perhatian tetapi agak sedikit menjadi trending ketika Evie Toombes menuntut dokter kandungan Philip Mitchell yang merawat ibunya karena dianggap tidak memberikan saran yang benar kepada ibunya untuk mengkonsumsi folic acid (asam folat) [sumber 1]. Evie didiagnosis mengalami spina bifida atau cacat tulang belakang.  Jika dokter memberikan saran yang benar kemungkinan Evie tidak akan menderita spina bifida atau ibunya akan menunda kehamilan.


Memiliki anak itu impian hampir semua perempuan atau lelaki yang sudah menikah. Memiliki anak yang sehat dan cerdas apalagi.
Terkadang ngobrol sehat/bergizi dengan bidan di Posyandu ataupun memeriksakan diri ke Puskesmas sebelum memiliki anak adalah pilihan yang tepat. Jangan hanya melihat Tiktok ataupun Youtube yang bergizi atau daging semua. Ke Puskesmas ngobrol dengan dokter, bidan ataupun mengikuti penyuluhan kesehatan mengenai kehamilan dan tumbuh kembang anak bisa menjadi pilihan.

Boleh bertanya-tanya mengenai vitamin dan suplemen penunjang sebelum memutuskan dan ketika memutuskan untuk prokreasi. Semua butuh proses jangan sekali datang langsung tarik gas tanya bla-bla-bla. Ini Puskesmas, Posyandu, relasi baik adalah kunci.

Selain itu boleh juga berselancar menari-narikan jari di layar telepon pintar. Habiskan kuota untuk hal bermanfaat. Mencari folic acid akan langsung keluar 23 juta lebih informasi dalam waktu 0,88 detik.

Banyak informasi tersaji. Silahkan buka-buka. Naik ke atas. Capek, turun ke bawah. Namanya olah raga jari dan olah raga otak untuk mencari informasi. Ada bahasa Indonesia, ada juga Bahasa Inggris. Tidak bisa Bahasa Inggris tinggal google translate.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan