Mohon tunggu...
Orip Atte OA
Orip Atte OA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pemerhati Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Itu Pahlawan Kecerdasan

2 Desember 2022   11:48 Diperbarui: 2 Desember 2022   12:02 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

ORIP ATTE

GURU SMA N 4 TAKARI

Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, bagi masyarakat luas dan juga pahlawan tanpa tanda jasa yang tak lekang oleh waktu. Karena  guru memiliki andil yang sangat besar bagi keberhasilan pembelajaran di setiap lembaga pendidikan yang juga merupakan ujung tombak dalam mentrasfer ilmu pengetahuan kepada setiap anak bangsa yang dididiknya dengan tujuan agar kelak dapat menghasilkan output yang berkarakter, berinteletual dan berintergritas serta mampu berinovasi dan memiliki daya saing.

Dalam momentum perayaan hari PGRI ke 77, Senin 25 November 2022 ini akan menjadi satu sejarah dimana jika kita melihat bahwa peran guru juga ada dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ini yang menjadi satu dasar yang perlu dan terus dipertahankan oleh guru agar benar-benar terus berjuang untuk Indonesia yang lebih baik lagi dengan berbagai model serta metode yang telah dipelajari. Apalagi dimasa sekarang ini guru memiliki andil yang sangat besar dan berperan dalam membantu perkembangan  peserta didik demi mewujudkan kehidupan yang optimal. Keyakinan ini muncul karena manusia merupakan makluk yang lemah, yang dalam perkembangannya senantiasa  membutuhkan orang lain sejak lahir bahkan sampai meninggal.

Demikian halnya peserta didik ketika orang tua mendaftarkan anaknya pada lembaga pendidikan pada saat itu orang tua menaruh harapan terhadap guru, agar anaknya dapat berkembang secara optimal, dengan bantuan guru minat, bakat, kemampuan dan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik  dengan latar belakang peserta didik yang bervariasi dapat diasah sehingga semua yang diharapkan oleh orang tua menuai jawaban yang siknifikan atas keberhasilan anaknya kelak, dan semua itu tentu karena peran guru baik pada lembaga pendidikan dasar, menegah dan perguruan tinggi.

Mungkin diantara kita masih ingat, ketika duduk di kelas 1 SD, gurulah yang pertama kali membantu memegang pensil untuk menulis, ia memegang satu demi satu tangan peserta didik dan membantunya untuk memegang pensil dengan benar. Guru pula yang memberi dorongan agar peserta didik berani berbuat benar dan membiasakan mereka untuk bertanggung jawab terhadap setiap perbuatanya. Guru juga bertindak bagai pembantu ketika peserta didik yang hendak buang air kecil, muntah dikelas, bahkan ketika ada yang buang air besar dicelana. Gurulah yang menggendong peserta didik ketika jatuh atau berkelahi dengan temannya, menjadi perawat, menjadi hakim dan penasehat.

Betapa besarnya jasa guru dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan para peserta didik. Mereka memiliki peran dan fungsi yang sangat penting membentuk kepribadian anak, guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM), serta mensejaterahkan masyarakat, kemajuan negara dan bangsa.

Dengan berkembangnya tehnologi informasi yang begitu pesat perkembanganya, belum mampu mengantikan peran dan fungsi guru, hanya sedikit menggeser atau mengubah fungsinya, itupun terjadi dikota-kota besar saja, ketika para peserta didik memiliki berbagai sumber belajar di rumah, namun perubahan itu hanya pada sisi pengajar yang bertugas menyampaikan materi secara langsung dengan media yang sudah disiapkan oleh guru itu sendiri melalui fasilitas tehnologi atau aplikasi pembelajaran untuk memudahkan peserta didik belajar secara eletronic learning. ( e- Leearning) dari sisi inilah terkadang muncul berbagai pemikiran yang bermunculan bahwa bahwa guru bisa digantikan oleh tehnologi tapi perlu kita ketahui bahwa perannya tidak bisa digantikan oleh apapun.

Disisi lain guru adalah pelaksanan konsep dalam dunia pendidikan demi membangkitkan gairah peserta didik dalam memacu inteletual agar menjadi generasi muda yang semangat sebagai calon-calon penerus bangsa untuk tidak saja rasa ingin tahu dan kemampuannya, tetapi yang palin penting saat ini adalah kemauan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat bangsa.

Pullias dan Young (1988), Manan (1990), serta Yelon and Weinstein (1997), mengidentifikasikan beberapa tugas guru yakni;

1. Guru sebagai pendidik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun