Mohon tunggu...
Dimas Putri Setyorini
Dimas Putri Setyorini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Edukasi

Spread positivity

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Islam dan Politik

7 Desember 2021   03:46 Diperbarui: 7 Desember 2021   03:46 144 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ISLAM DAN POLITIK

DIMAS PUTRI S A

PENGERTIAN POLITIK ISLAM

              Politik Islam dalam bahasa Arab berarti siyasah. Para ulama telah banyak mengkaji tentang siyasah, salah satu diantaranya adalah As-Siyasah Asy-Syar'iyyah Karya Imam Yusuf Al-Qardlawi. Secara etimologi kata siyasah berasal dari saasa-yasuusu-siyasatan yang dapat berarti mengurusi, melatih, mendidik, memerintah, mengatur, atau membuat hukum. Sedangkan secara istilah siyasah berarti pengaturan urusan kemaslahatan dengan mengikutsertakan syariat. Kemudian, dijelaskan juga pengertian Politik Islam menurut para cendekiawan muslim, diantaranya:

  • Menurut   Asad   (1954),   politik   adalah   menghimpun   kekuatan; meningkatkan  kualitas  dan  kuantitas  kekuatan;  mengawasi  dan mengendalikan   kekuatan;   dan   menggunakan   kekuatan,   untuk mencapai tujuan kekuasaan dalam negara dan institusi lainnya.
  • Dalam pandangan Abdulgani, perjuangan politik bukan selalu "de kunst   het   mogelijke"  tapi  seringkali  malahan  "de   kunst   van onmogelijke"  (Politik  adalah  seni  tentang  yang  mungkin  dan  tidak mungkin).    Sering    pula    politik    diartikan    "machtsvorming    en machtsaanwending"  (Politik  adalah  pembentukan  dan  penggunaan kekuatan)
  • Bluntschli (1935) memandangpolitiksebagai "Politik is more an art a  science  and  to  do  with  the  practical  conduct  or  guidance  of  the  state" (Politik  lebih  merupakan  seni  daripada  ilmu  tentang  pelaksanaan tindakan dan pimpinan (praktis negara)).
  • Isjwara (1967) mencatat beberapa arti tentang politik dari sejumlah ahli. Diantaranya adalah :-Loewenstein yang berpendapat "Politik is  nicht  anderes  als  der  kamps  um  die  Macht"  (politik  tidak  lain merupakan perjuangan kekuasaan)[1]. 

 

Berdasarkan pengertian-pengertian mengenai politik islam diatas dapat disimpulkan bahwa secara garis besar politik islam menjalankan perpolitikan dengan mengedepankan dan menitikberatkan syariat islam.

 

 

POLITIK DALAM KACAMATA ISLAM

 

              Politik merupakan salah satu landasan penting dalam islam. Politik dalam islam seringkali diartikan sebagai jalan untuk mewujudkan kemaslahatan bersama. Pandangan politik dalam islam seringkali disalahartikan, hal tersebut disebabkan konsep islam dan politik yang cenderung bertolak belakang. Islam yang identik dengan kedamaian dan keadilan, sedangkan politik acap kali dikaitkan dengan kontroversi dan kecurangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan